Pengembangan Aplikasi Fishio Sebagai Alternatif Media Penjualan Hasil Budidaya Perikanan

Rahman, Arif (2019) Pengembangan Aplikasi Fishio Sebagai Alternatif Media Penjualan Hasil Budidaya Perikanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fishio adalah marketplace yang menghubungkan antara petani budidaya ikan dan pembeli. Berdasarkan Data Kementrian Kelautan & Perikanan Indonesia (2018) terdapat peningkatan produksi perikanan budidaya dengan total produksi perikanan budidaya mencapai 17,22 juta ton diakhir tahun 2017. Namun potensi tersebut tidak sejalan dengan kondisi para petani tambak ikan. Para pembudidaya sering kali mengeluhkan penjualan yang tak kunjung laku karena pemasaran yang sulit. Hal itu sesuai fakta yang ada di lapangan mengaku selama ini kesulitan memasarkan hasil budidayanya terlebih apabila mereka tidak memiliki pelanggan tetap. Selama ini proses pemasaran terjadi dengan cara door to door kepada para pelanggan rumah makan atau penjual dipasar. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di Kota Malang semuanya menyatakan akan merasa terbantu apabila ada yang memasarkan hasil budidayanya terlebih apabila dapat dilakukan secara mandiri. Oleh karenanya pada penelitian ini difokuskan untuk membuat media pemasaran melalui aplikasi. Adanya aplikasi yang memudahkan proses pemasaran akan membantu para pembudidaya dan para konsumen dalam memesan dan mencari kebutuhan mereka. Hal ini bertujuan agar dapat mempermudah pembudidaya perikanan dalam memasarkan produknya selama ini dan mempermudah konsumen dalam memesan produk perikanan tambak. Pengembangan aplikasi menggunakan metode prototyping sebagai metode pengembangan perangkat lunak dikarenakan aplikasi memang ditujukan untuk banyak pengguna sehingga kedepannya bisa saja ada iterasi dalam pengembangannya. Dengan menggunakan platfom Android dan firebase sebagai penyedia layanan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Setelah aplikasi jadi, aplikasi diuji aplikasi dengan 3 macam pengujian, yakni pengujian unit, pengujian integrasi dan pengujian usabilitas. Pada penelitian ini, didapatkan data – data para petani budidaya yang didapat dari Dinas Perikanan Kota Malang, selain itu pengguna memberikan saran dan evaluasi untuk aplikasi apabila ingin dikembangkan kedepannya. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, terdapat saran untuk menambahkan fitur payment gateway dan memperhartikan tampilan dari aplikasi sehingga lebih memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Aplikasi mendapatkan nilai usabilitas 67.5 untuk aplikasi penjual dan 75 untuk aplikasi pembeli.

English Abstract

Fishio is a marketplace that connects fish farmers and buyers. Based on Data from the Indonesian Ministry of Marine Affairs and Fisheries (2018), the increase in fish production continues to increase from year to year with total fish production reaching 17.22 million tons at the end of 2017. However, this potential is not in line with the conditions of fish farmers. Fish farmers often complain about sales that don't sell because of difficult marketing process. This is in accordance with the facts in the field, claiming that during this time it was difficult to market their cultivation products, especially if they did not have regular customers. So far, the marketing process has taken place door to door to restaurant customers or sellers in the market. Based on the results of observations in Malang, all said that they would feel helpful if there were those who marketed their cultivation results, especially if they could be done independently. Therefore the author took the initiative to create media marketing through the application. The application that facilitates the marketing process will help farmers and consumers order and find their needs. This aims to make it easier for fisheries farmers to market their products so far and make it easier for consumers to order pond fisheries products. Application development uses the prototyping method as a software development method because the application is intended for many users so that in the future there can be an iteration in its development. Using the Android and Firebase platforms as service providers is expected to be able to solve existing problems. After the application, the writer tests the application with 3 types of testing, namely unit testing, validation testing and usability testing. In this study, data obtained from farmers cultivating obtained from the Malang City Fisheries Service, in addition users provide advice and evaluation for applications if they want to be developed in the future. Based on the evaluation conducted, there are suggestions for adding payment gateway features and interpreting the appearance of the application so that it makes it easier for users to use it. Applications get usability values of 67.5 for seller applications and 75 for buyer applications.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/466/051905849
Uncontrolled Keywords: perikanan, marketplace, prototyping, android, fisheries, marketplace, prototyping, android
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:23
Last Modified: 25 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171936
[thumbnail of Arif Rahman - Skripsi (2).pdf]
Preview
Text
Arif Rahman - Skripsi (2).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item