Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

Ahnaf, Muhammad Fauzan (2019) Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang Universitas Sriwijaya dimana di universitas tersebut telah memanfaatkan sistem informasi berbasis web untuk menunjang proses akademik mahasiswa. Aplikasi tersebut direalisasikan dalam media web yang kemudian lebih dikenal sebagai akademik Unsri. Namun terkadang kualitas layanan sebuah website perguruan tinggi belum mampu memenuhi harapan dari penggunanya, sehingga guna menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas layanan, sebuah website tentu haruslah mendapatkan perhatian secara khusus. Maka kualitas perguruan tinggi dari sisi penilaian website menjadi lebih baik. Maka dari itu peningkatan kualitas dalam layanan berbasis website merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas layanan situs akademik Unsri dari presepsi pengguna menggunakan Webqual 4.0, mengetahui pengaruh variabel Usability, Information Quality, Service Interaction Quality dan mengetahui pengelompokan kuadran Importance Performance Analysis (IPA) pada tiap indikator webqual. Penilitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa terdapat lima atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan yaitu, tampilan yang atraktif, adanya tambahan pengetahuan dari informasi website, menyediakan informasi yang up to date, menyediakan informasi yang cukup detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya. Selanjutnya terdapat lima atribut yang masuk kedalam prioritas rendah dalam perbaikan, yaitu kemudahan untuk navigasi, tepat dalam penyusunan tata letak informasi, pengguna merasa aman untuk melakukan transaksi, website memberi ruang untuk personalisasi, dan website memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan organisasi. Atribut yang lain tidak memiliki prioritas perbaikan karena tergolong dalam kuadran yang memiliki nilai kinerja pelayanan cukup untuk dipertahankan atau bahkan memiliki nilai yang berlebihan.

English Abstract

One of universities in Palembang city, Sriwijaya University, where the university has used a web-based information system to support the student’s academic process. The application was realized in web media which was later better known as Unsri’s academic. But sometimes the quality of service of a college website has not been able to meet the expectations of it’s users, so in order to maintain or even improve the quality of services, a website must certainly get special attention. So the quality of universities in terms of website assessment is better. So from that quality improvement in website-based services is an effort that must be carried out continuously. This study was conducted to determine the value of service quality of the academic site Unsri from the user’s preception using Webqual 4.0, find out the effect of usability variabels, information Quality, Service Interaction Quality and find out the Importance Performance Analysis (IPA) quadrant grouping on each webqual indicator. This research uses data collection techniques using questionnaires with a total sample of 117 respondents. The results of the IPA quadrant analysis indicate that there are five attributes that are the top priority in improvement, namely, attractive appearance, additional knowledge from website information, providing up to date information, providing sufficiently detailed information, and users feeling safe about their personal information. Furthermore, there are five attributes that are included in the low priority of improvement , namely ease of navigation, proper preparation of information, user feel safe to make transactions, website provide space for personalization, and websites make it easy to communicate with organizations. Other attributes do not have priority improvement because they are classified as quadrants that have sufficient service performance values to be maintained or even have excessive value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/378/051905696
Uncontrolled Keywords: Akademik Unsri, Kualitas Layanan, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:26
Last Modified: 05 Aug 2020 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171879
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item