Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sistem Monitoring Pelanggan PT. PLN (Persero) Area Malang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation

Raziqi, Nizham Media (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Sistem Monitoring Pelanggan PT. PLN (Persero) Area Malang Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough Dan Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Simpel Arema (Sistem Monitoring Pelanggan Area Malang) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh PT. PLN (Persero) Area Malang. Aplikasi ini digunakan untuk memonitor data pelanggan PT. PLN (Persero) di Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil wawancara pada Supervisor Perencanaan Sistem didapatkan permasalahan antarmuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga belum pernah dievaluasi sebelumnya karena masih dalam pengembangan. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan evaluasi pada aplikasi Simpel Arema khususnya pada aspek usability. Evaluasi ini dilakukan dengan menggunakan metode Cognitive Walkhthrough dan Heuristic Evaluation, dimana evaluasi dilakukan oleh 3 orang subject matter expert yaitu para pegawai PLN Area Malang dan 3 usability expert. Evaluasi Cognitive Walkthrough menghasilkan pada tahap mana permasalahan usability ditemukan pada Simpel Arema. Sedangkan Heuristic Evaluation menghasilkan permasalahan berdasarkan 10 prinsip heuristic dan tingkat keparahannya. Setelah dilakukan evaluasi, terdapat total 99 permasalahan ditemukan dalam Cognitive Walkthrough di mana 80% permasalahan juga ditemukan pada Heuristic Evaluation. Sedangkan Heuristic Evaluation menemukan 17 permasalahan dengan heuristic dengan permasalahan terbanyak adalah H-8 (Aestetic and minimalist design) dengan 23% dari seluruh permasalahan Heuristic Evaluation. Berdasarkan hasil evaluasi, diberikan 19 rekomendasi perbaikan yaitu 17 perbaikan antarmuka dan 2 perbaikan sistem. Berdasarkan rekomendasi perbaikan antarmuka dibuatlah prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema. Kemudian dilakukan validasi pada prototype perbaikan antarmuka Simpel Arema menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengetahui apakah perbaikan antarmuka Simpel Arema sudah tepat. Berdasarkan hasil validasi didapatkan hasil skor SUS dengan nilai 83,3 dan mendapat tingkat Acceptability Ranges pada kategori Acceptable, Grade Scale pada kategori B, Adjective pada kategori Excellent, dan Percentile Rank pada 80 - 90%

English Abstract

Simpel Arema application (Sistem Monitoring Pelanggan Area Malang) is a web-based application developed by PT. PLN (Persero) Malang Area. Application is used to monitor customer data of PT. PLN (Persero) in Malang Regency. Based on the results of interview on the System Planning Supervisor, the application interface problems were found. This application has also never been evaluated before because it is still under development. Based on these problems, it is necessary to evaluate the Simplified Arema application specifically on the usability aspect. This evaluation was carried out using the Cognitive Walkhthrough method and Heuristic Evaluation, where evaluation was carried out by 3 subject matter experts, namely Malang Area PLN employees and 3 usability experts. The Cognitive Walkthrough evaluation results in the stage where usability problems are found in Simple Arema. While Heuristic Evaluation produces problems based on 10 heuristic principles and their severity. After evaluation, there were a total of 99 problems found in the Cognitive Walkthrough where 80% of the problems were found in Heuristic Evaluation too. While Heuristic Evaluation found 17 heuristic problems with the most problems being H-8 (Aestetic and minimalist design) with 23% of all Heuristic Evaluation problems. Based on the results of the evaluation, 19 recommendations for improvement were given, namely 17 improved interfaces and 2 system improvements. Based on recommendations for interface improvements, a prototype for Simple Arema interface was made. Then validation of the Simplified Arema interface repair prototype using the System Usability Scale (SUS) questionnaire to find out whether the improved Arema Simple interface is correct. Based on the results of the validation, the SUS score was obtained with a value of 83.3 and got the Acceptability Ranges level in the Acceptable category, Grade Scale in category B, Adjective in the Excellent category, and Percentile Rank at 80 - 90%

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/549/051905932
Uncontrolled Keywords: evaluasi, usability, cognitive walkthrough, heuristic, prototype, validasi, evaluation, usability, cognitive walkthrough, heuristic, prototype, validation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:55
Last Modified: 25 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171822
[thumbnail of Final Skripsi Nizham Media Raziqi (2).pdf]
Preview
Text
Final Skripsi Nizham Media Raziqi (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item