Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Quality Evaluation Framework (Qef), Root Cause Analysis (Rca) Dan Business Process Improvement (Bpi) (Studi Kasus: Pelayanan Bpjs Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang)

Saragi, Muhammad Ibrahim Al Ghazi (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Quality Evaluation Framework (Qef), Root Cause Analysis (Rca) Dan Business Process Improvement (Bpi) (Studi Kasus: Pelayanan Bpjs Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Sakit Islam Aisyiyah merupakan salah satu rumah sakit di Malang yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan, salah satunya pada pelayanan BPJS rawat inap. Untuk memberikan pelayanan BPJS rawat inap yang bermutu, dibutuhkan persiapan yang matang seperti pembuatan SOP, pemberian edukasi terhadap pegawai, dan penyediaan fasilitas untuk menunjang aktivitas pada pelayanan BPJS rawat inap. Dalam menjalankan pelayanan BPJS rawat inap, Rumah Sakit Islam Aisyiyah memiliki beberapa masalah yang menghambat berjalannya pelayanan seperti kurangnya SDM, beban pekerjaan yang tidak seimbang, miskomunikasi antar divisi, dan kualitas komputer yang kurang baik. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, perlu dilakukan evaluasi proses bisnis yang berjalan saat ini dengan memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi proses bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui quality factor dan kesesuaian pencapaian target perusahaan. Dari hasil evaluasi QEF diketahui 7 dari 32 quality factor masih tidak sesuai. Langkah selanjutnya adalah mencari akar permasalahan menggunakan salah satu teknik Root Cause Analysis (RCA), yaitu Fishbone Analysis dengan hasil akar permasalahan terdapat pada kelompok manusia, metode, lingkungan, dan teknologi. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan proses bisnis menggunakan salah satu metode Business Process Improvement (BPI), yaitu streamlining untuk menghilangkan atau menyederhanakan beberapa aktivitas pada proses bisnis pelayanan BPJS rawat inap. Selain itu pada perbaikan proses bisnis juga dilakukan upgrading dan error proofing untuk meningkatkan kualitas pada beberapa aktivitas proses bisnis. Hasil simulasi time analysis proses bisnis pendaftaran pelayanan BPJS rawat inap melalui Polispesialis memiliki persentase penurunan waktu sebesar 26,69%. Selain itu proses bisnis pendaftaran pelayanan BPJS rawat inap melalui UGD memiliki persentase penurunan waktu sebesar 11,91% dan pada proses bisnis pelayanan pasien BPJS rawat inap memiliki persentase penurunan waktu sebesar 4,22%.

English Abstract

Aisyiyah Islamic Hospital is one of the hospitals in Malang that works with BPJS Kesehatan to provide health services, one of the BPJS inpatient services. To provide quality inpatient BPJS services, preparations are needed such as SOPs, provision of education for employees, and provision of facilities to support activities in inpatient BPJS services. In carrying out inpatient BPJS services, Aisyiyah Islamic Hospital has several problems related to services such as lack of human resources, unbalanced workload, inter-division miscommunication, and poor computer quality. To solve existing problems, it is necessary to evaluate the current business processes by modeling business processes using Business Process Model and Notation (BPMN). The next step is to evaluate business processes using the Quality Evaluation Framework (QEF) to determine the quality factor and achievement of the company's targets. From the results of the QEF evaluation, 7 out of 32 quality factors are still not suitable. The next step is to find the root of the problem using one of the Root Cause Analysis (RCA) techniques, namely Fishbone Analysis with root results related to group of human, methods, environment, and technology. The next step is to improve business processes using one of the methods of Business Process Improvement (BPI), which is streamlining to eliminate or simplify some activities in the business process of inpatient BPJS services. In addition to improving business processes, upgrading and error proofing are also made to improve quality in some business process activities. The simulation results of the analysis time of the BPJS inpatient registration business process through the Polispesialis increased by 26.69%. In addition, the simulation results in the inpatient BPJS registration business process through the UGD increased by 11.91% and in the business process of inpatient BPJS patient care had an increase of 4.22%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/547/051905930
Uncontrolled Keywords: quality evaluation framework (QEF), quality factor, business process model and notation (BPMN), fishbone analysis, business process improvement (BPI), streamlining, simulasi proses bisnis, quality evaluation framework (QEF), quality factor, business process model and notation (BPMN), fishbone analysis, business process improvement (BPI), streamlining, business process simulation
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:53
Last Modified: 25 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171817
[thumbnail of Muhammad Ibrahim Al Ghazi Saragi (2).pdf]
Preview
Text
Muhammad Ibrahim Al Ghazi Saragi (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item