Pramono, Agung (2019) Pembangunan Platform Sportify: Platform Pencari Teman Olahraga Berbasis Mobile Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Olahraga pada dasarnya kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia didalam kehidupan agar kondisi fisik dan kesehatan dapat terjaga dengan baik. Namun aktivitas yang satu ini mudah sekali untuk kita tinggalkan dengan dalih yang beragam. Kurangnya minat masyarakat dalam berolahraga diapat dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain kurangnya pemain, waktu yang tidak sesuai, serta jarak tempat olahraga yang jauh. Dengan tingkat penetrasi masyarakat sekarang yang besar dalam menggunakan internet ditambah dengan jumlah kepemilikan smartphone yang besar, penelitian ini membuat solusi berupa platform pencari teman berolahraga bernama “Sportify”. Sistem ini menggunakan preferensi minat olahraga, lokasi dan rating dalam mencarikan pemain atau teman dalam berolahraga. Digunakan pula metode haversine untuk mencari pemain dengan lokasi terdekat dari tempat olahraga, dan juga digunakan algoritme Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk merekomendasikan pemain. Penelitian ini dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan dan mendapatkan 44 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Kemudian melakukan tahap perancangan dan implementasi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yakni waterfall. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java pada perangkat mobile dengan sistem operasi android. Sportify juga menggunakan teknologi penyimpanan basis data berupa NoSQL. Tahap selanjutnya setelah dilakukan implementasi adalah dilakukan pengujian terhadap sistem. Sistem ini berhasil diuji dengan pengujian unit, integrasi, validasi, dan usability. Hasil dari pengujian sistem didapatkan hasil 100% valid serta pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) adalah sebesar 73.5 yang masuk dalam kategori acceptable
English Abstract
An exercise is basically a very important requirement for every human being in life so that physical and health conditions can be maintained properly. But this one activity is very easy for us to leave with various pretexts. The lack of public interest in exercise can be influenced by a variety of things, including lack of players, inappropriate time, and the distance of distant sports venues. With the current large level of community penetration in using the internet coupled with a large number of smartphone ownership, this study made a solution in the form of a sports friend search platform called "Sportify". This system uses interest in sports preferences, location and rating in finding players or friends in sports. The Haversine method is also used to find players with the closest location from the sport, and also used the Technique for Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) algorithm to recommend players. This research begins by conducting a needs analysis and getting 44 functional requirements and 1 non-functional requirement. Then do the design and implementation stages. The development model used in this study is waterfall. This system was developed using the Java programming language on mobile devices with the Android operating system. Sportify also uses database storage technology in the form of NoSQL. The next step after implementation is testing the system. This system was successfully tested with unit testing, integration, validation, and usability. The results of the system testing are 100% valid and usability testing with System Usability Scale (SUS) is 73.5 which is in the acceptable category
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/247/051905565 |
Uncontrolled Keywords: | olahraga, waterfall, java, android, haversine, TOPSIS/exercise, waterfall, java, android, haversine, TOPSIS |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers > 005.368 Programs for spesific operating systems and for specific user interfaces |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:53 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171779 |
Actions (login required)
View Item |