Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Go-Jek Driver Menggunakan Metode Ux Curve

Ziauddin, Muhammad Anas (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Go-Jek Driver Menggunakan Metode Ux Curve. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Go-jek merupakan aplikasi yang dibuat oleh PT. Karya Anak Bangsa. Go-jek menggunakan mitra sebagai alat pembantu pergerakannya. Mitra mempunyai aplikasi dalam melakukan pekerjaannya. Perubahan layanan dalam aplikasi selama kurun waktu 2017-2018 mempengaruhi mitra dalam melakukan pekerjaannya. Dari pengumpulan data dihasilkan 100 kurva kemudian dibagi lagi menjadi 5 sudut pandang yaitu general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage dengan masing-masing 20 kurva. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan hingga membentuk grafik yang dikategorikan menjadi improving, deteriorating, dan stable sesuai dengan arah kurva. Dari aplikasi Go-jek Driver dihasilkan total 46 kurva improving, 32 kurva deteriorating, dan 22 kurva stable. Selain itu, setiap alasan perubahan juga dihitung untuk mengukur apa saja alasan yang responden miliki untuk setiap kurva perubahan yang mereka gambar. Alasan tersebut terdiri dari alasan positif dan negatif yang kemudian dikategorikan ke dalam persepsi pragmatis dan hedonik, aplikasi ini memiliki total 427 alasan dari keseluruhan sudut pandang. Keterkaitannya dengan user satisfaction and recommendation dilihat dengan hasil dari menghubungkan sudut pandang attractiveness dan hasil final questionnaire, kepuasan pengguna disini dapat dilihat dengan bagaimana responden merekomendasikan kedua aplikasi kepada teman mereka.

English Abstract

Go-jek is an app created by PT. Karya Anak Bangsa. Go-jek work with drivers all over Indonesia which they called partner. These drivers have their own application. Service improvement in Go-jek Driver application for the past year affected partner in doing their job. Data gathered using 100 curves are divided into 5 point of view including general UX, attractiveness, ease of use, utility, and degree of usage. In total, each point of view contain 20 curves. The curves then compiled to form a graphic which categorized into improving, deteriorating and stable, following the direction of the curve. From the data gathered, it generate 46 improving curve, 32 deteriorating curve and 22 stable curve. Nevertheless, every reason for movement also calculated to measure what are the reason that each respondent has for the change in curve that has been portrayed. The reason contain positive and negative reasons which categorized into 2 perception, pragmatic and hedonic. The result showed that this application has 427 reason in total from every point of view. The relation to the user satisfaction and recommendation concluded by connecting attractiveness point of view and the final result of questionnaire. Moreover, user satisfaction can be seen by looking at how respondent recommend both application to their friends.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/506/051905889
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:53
Last Modified: 25 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171767
[thumbnail of SKRIPSI - MUHAMMAD ANAS ZIAUDDIN - 135150401111140 (2).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI - MUHAMMAD ANAS ZIAUDDIN - 135150401111140 (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item