Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS).

Kusumawardhana, Irfanda Mahardhika Hidayat (2019) Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan System Usability Scale (SUS). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia perbankan yang semakin kompetitif, Bank Negara Indonesia (BNI) berusaha memberikan beberapa layanan yang dapat menunjang kebutuhan nasabahnya, salah satunya BNI Mobile Banking. BNI Mobile Banking memberikan layanan kemudahan untuk melakukan beberapa transaksi melalui smartphone. Namun, terdapat permasalahan usability yang ditemukan melalui observasi dan wawancara diantaranya kesulitan untuk mencari bukti transaksi, tidak terdapatnya tanda titik pada saat memasukan nominal dan beberapa menu layanan dianggap tidak sesuai dengan pengelompokan jenis layanannya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian dengan tiga tahapan yaitu tahap pertama melakukan pengujian awal untuk mengukur metrik learnability, efficiency, error dan satisfaction yang diperoleh dengan menggunakan metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS), tahap kedua memberikan rekomendasi perbaikan yang didasarkan pada hasil wawancara serta mengikuti guidelines Google Material Design, tahap ketiga melakukan pengujian terhadap rekomendasi perbaikan yang telah dibuat serta membandingkan hasil pengukuran metrik usability dengan hasil pengukuran metrik usability pada pengujian awal. Rekomendasi perbaikan aplikasi yang diberikan dapat memberikan peningkatan pada metrik learnability dari 68% menjadi 88%, peningkatan pada metrik efficiency dari 0,01 goals/sec menjadi 0,05 goals/sec, penurunan pada metrik error dari 30% menjadi 5% dan peningkatan pada metrik satisfaction dari 62,67 menjadi 74,25.

English Abstract

In a highly competitive of the banking world, Bank Negara Indonesia (BNI) trying to provide several services that can support customer needs, for example, BNI Mobile Banking. BNI Mobile Banking provides convenience services for making multiple transactions from a smartphone. However, there were usability problems discovered through observation and interviews including difficulties in finding proof of transaction, there is no full stop when entering numbers and some service menus are not in match with the type of service. Therefore, it is necessary to do research with three stages of research. the first stage does initial testing to measure the learnability metric, efficiency metric, error metric and satisfaction metric obtained using two methods there are Usability Testing and System Usability Scale (SUS). the second stage provides recommendations for improvement based on the results of the interview and follows the rules of google material design guidelines. the third stage does test the recommendations for improvements that have been made and compares the measurement results of usability metrics with the measurement results of usability metrics on the initial test. The recommendations for improvements can provide an increase in learnability metrics from 68% to 88%, an increase in efficiency metrics from 0.01 goals/sec to 0.05 goals/sec, a decrease in metric errors from 30% to 5% and an increase in satisfaction metrics from 62.67 to 74.25.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/503/051905886
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, usability, aplikasi BNI mobile banking, usability testing, system usability scale, Evaluation, usability, BNI mobile banking application, usability testing, system usability scale.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:53
Last Modified: 25 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171760
[thumbnail of Evaluasi Usability pada Aplikasi BNI Mobile Banking dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) (2).pdf]
Preview
Text
Evaluasi Usability pada Aplikasi BNI Mobile Banking dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) (2).pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item