Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Bogor - Jatinegara

Putra, Lody Sunandar (2019) Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Bogor - Jatinegara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jakarta sebagai ibu kota memiliki fungsi selain dari pusat pemerintahan, terdapat juga fungsi perekonomian dan politik yang berdampak pada pembangunan perkantoran dan penunjangnya. Mayoritas pekerja di Jakarta bukan berasal dari kota itu sendiri, tetapi berasal dari daerah sekitarnya yang merupakan wilayah metropolitan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dengan demikian pergerakan yang terjadi dari dan menuju pusat sangat tinggi. Sebagai salah satu fasilitas transportasi yang tersedia di wilayah Jabodetabek, Kereta Api Commuter Line adalah salah satu moda transportasi yang dipilih oleh pengguna untuk mendukung kegiatannya karena didukung oleh beberapa faktor seperti waktu perjalanan dan biaya perjalanan yang murah. Rute Bogor - Jatinegara dipilih karena rute ini adalah rute terpanjang dalam pelayanan Commuter Line, yang melewati berbagai tempat aktivitas yang berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional dan kinerja peayanan pada ute Bogor-Jatinegara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja operasional dan Important- Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui fakta dan harapan pada layanan Commuter Line, baik dalam perjalanan dan stasiun. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa masih ada banyak aspek aspek yang melebihi batas standar pada kinerja operasional, dan total terdapat 11 indikator layanan yang dianggap tidak memuaskan tetapi memiliki tingkat kepentingan yang tinggi menurut pengguna, baik dalam layanan dalam perjalanan dan Layanan di Staisun. Analisis QFD digunakan untuk mencari alternatif arahan peningkatan kinerja pelayanan perjalanan dan stasiun. Pada peningkatan pelayanan di perjalanan didapatkan Indikator untuk menambah papan informasi tentang fasilitas di kereta adalah indikator dengan prioritas tertinggi dan indikator perawatan fasilitas di stasiun adalah alternatif tertinggi yang disarankan untuk memperbaiki kinerja pelayanan Stasiun di Rute Bogor – Jatinegara

English Abstract

DKI Jakarta as a capital city of Indonesia, not only for being a central of government but as an economic and politic function which has an impact to the office development. Therefore, lot of commuters whose coming not only from Jakarta but from Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi were making a high mobility either inside or outside Jakarta. As a solution, one of the mass-transportation in Jakarta or known as The Commuter Line, was chosen by people for their daily mobile because the time efficiency and economical costs. This research aimed to determine both The Service and The Operational Performance in Bogor-Jatinegara route. The Bogor - Jatinegara route was research's main focus because it has the longest route of The Commuter Line's services which passes different places. The analytical methods used in this research are Operational Performance Analysis and Important-Performance Analysis (IPA) to find the value of facts and expectations in The Commuter Line's services, both on the trip and the stations. The research indicated there are aspects that still exceed the standard limits on Operational Performance, and there are 11 indicators of Services Performance which considered unsatisfactory but have a high level of importance according to the user, both in Services in its trip and Services at station. For the next step, Quality Function Development Analysis used to find the alternative direction of The Commuter Line's service. For the final, the result indicated that there were a highest indicators suggested to improve both service and operational service of The Commuter Line, the indicators were to add a facilities's information on the train, then maintan it, and last indicators was to repair it.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/295/051904891
Uncontrolled Keywords: Commuter Line, Operational Performence, Service Performence, Important- Performance Analysis Quality Function Development Analysis
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:20
Last Modified: 26 Aug 2020 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171752
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item