Putakaz, Bhanio Gemilang (2019) Pengembangan Antarmuka Mantuls.com Berbasis Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Goal-Directed Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mantuls.com adalah sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk membantu Event Hunter dalam mendapatkan informasi kompetisi dengan mudah, up to date, dan dengan pilihan informasi yang telah terkurasi dengan baik. Metode Goal Directed Design dapat menghasilkan rancangan aplikasi yang sesuai dengan tujuan pengguna. Dalam penerapannya metode Goal Directed Design(GDD) pada penelitian ini melibatkan 15 responden yang terdiri dari pengguna dan stakeholder Goal Directed Design (GDD) memiliki enam tahapan, tahap pertama adalah research untuk mendapatkan permasalahan dan juga solusi yang diinginkan oleh pengguna dan juga stakeholder. Tahap kedua adalah modeling yang menghasilkan persona dan menggambarkan pengguna ataupun stakeholder, tahap yang ketiga adalah requirement yang akan menghasilkan kebutuhan dari pengguna, tahap yang keempat adalah framework yang menghasilkan kerangka antarmuka yang dirancang, kemudian tahap yang kelima adalah refinement yang akan menghasilkan high fidelity prototype yang sudah siap diuji, dan tahap terakhir adalah support yang melakukan pengujian dan analisis hasil pengujian terhadap prototype yang sudah dibuat. Evaluasi akhir menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Setelah melakukan pengembangan dengan menggunakan metode Goal-Directed Design (GDD). Didapatkan nilai kenaikan rata-rata dari nilai System Usability Scale yaitu 83.8, dengan nilai Acceptability diatas 73 dan juga didapatkan grade Scale dengan kategori B, serta Adjective Rating dengan golongan Excellent serta Percentile Rank yang di kategorikan golongan A.
English Abstract
Mantuls.com is a web-based application that serves to help Event Hunter to get competition information easily, up to date, and with a choice of well-curated information. The Goal Directed Design method can produce an application design that is suitable for the user's goals. In applying the Goal Directed Design (GDD) method, it has six stages, the first stage is research to get problems and solutions that are desired by users and stakeholders. The second stage is modeling that produces persona and describes the user or stakeholder, the third stage is the requirement that will produce the needs of the user, the fourth stage is a framework that produces a designed interface framework, then the fifth stage is a refinement that will produce high fidelity prototypes it is ready to be tested, and the last stage is support that performs testing and analysis of test results on the prototype that has been made. The final evaluation here uses the System Usability Scale (SUS) Questionnaire. After developing using the Goal-Directed Design (GDD) method. The average value of the value of the System Usability Scale is obtained (value), with Acceptability values above 73 and also grade Scales with category b, and Adjective Rating with Excellent and Percentile Rank categories categorized as group A.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/323/051905641 |
Uncontrolled Keywords: | Goal-Directed Design, System Usability Scale, Antarmuka Pengguna, Usability, Aplikasi/Goal-Directed Design, System Usability Scale, User Interface, Usability, Application |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 01:52 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 01:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171739 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |