Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Penginapan Griya Brawijaya)

Hutagalung, Juara (2019) Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Penginapan Griya Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penginapan merupakan suatu hal yang umum yang diperlukan oleh masyarakat pada saat ini, Griya Brawijaya merupakan salah satu unit bisnis Universitas Brawijaya yang bergerak dibidang jasa penginapan. Pada proses bisnis yang berjalan pada saat ini didapatkan beberapa masalah yang berdampak pada kepuasan konsumen dan juga perusahaan penginapan Griya Brawijaya, seperti proses pelayanan pada pemesanan yang masih kurang maksimal dikarenakan sistem pendataan yang belum terintegrasi sehingga ada data yang terduplikasi, dan juga proses Check-out kamar yang sering terlambat, kemudian membuat konsumen melakukan komplain langsung ke resepsionis, hal tersebut juga terjadi karena ketidaksesuaian pelayanan dengan SOP (Standard Operasional Prosedur). Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan analisis dan evaluasi yang berfokus pada proses bisnis agar dapat meningkatkan dan memaksimalkan proses bisnis yang ada pada saat ini untuk dilakukan perbaikan agar dapat mengatasi setiap permasalahan yang ada. Sehingga diperlukan pemodelan proses bisnis dengan menggunakan BPMN (Business Process Modeling and Notation) kemudian menganalisis dan evaluasi akar dari permasalahan tersebut dengan menggunakan metode RCA (Root Cause Analysis) lalu melakukan perbaikan dengan menggunakan BPI (Business Process Improvement).Kemudian dilakukan simulasi untuk mengetahui perbandingan antara proses bisnis yang berjalan saat ini (As-Is) dengan proses bisnis rekomendasi (To-Be) yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada pada penginapan Griya Brawijaya saat ini.

English Abstract

Lodging is a common thing that is needed by the community at this time, Griya Brawijaya is one of the business units of Universitas Brawijaya which is engaged in lodging services. In the current business process, there are several problems that affect consumer satisfaction and also the Griya Brawijaya lodging company, such as the service process on orders that are still not optimal because the data collection system is not integrated so there is duplicated data, and also the checkout process rooms that are often late, then make consumers complain directly to the receptionist, this also happens because of a service mismatch with the SOP (Standard Operating Procedure). Therefore, to overcome these problems, analysis and evaluation are needed that focus on business processes in order to improve and maximize the existing business processes for improvement so that they can overcome any existing problems. So it is necessary to model business processes using BPMN (Business Process Modeling and Notation) then analyze and evaluate the root of these problems using the RCA method (Root Cause Analysis) and then make improvements using BPI (Business Process Improvement). Then simulations are carried out to compare between the current business process (As-Is) and the business process recommendation (To-Be) which is expected to be able to resolve the problems that exist at the current Griya Brawijaya inn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/322/051905640
Uncontrolled Keywords: Business Process Improvement (BPI), Root Cause Analysis (RCA), Business Process Modeling and Notation (BPMN), Proses Bisnis, Simulasi Proses Bisnis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:53
Last Modified: 24 Aug 2020 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171730
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item