Impelementasi Virtual Reality pada Game Edukasi Penyeberangan Jalan (PELAN)

Annafabi, Fathurrahman (2019) Impelementasi Virtual Reality pada Game Edukasi Penyeberangan Jalan (PELAN). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Game Edukasi telah banyak digunakan sebagai media pembelajaran. Game Edukasi didesain untuk membantu proses pembelajaran dan memberikan pengalaman kepada para pemainnya, dan terbukti efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Sebuah game berjudul PELAN telah dibuat untuk membantu anak-anak usia dini dalam pembelajaran menyeberang jalan pada sebuah program komputer, dimana penggunaan Augmented Reality pada game terbukti memiliki efek positif untuk pembelajaran anak-anak. Dengan munculnya teknologi Virtual Reality (VR), yaitu sebuah lingkungan maya yang di generasi oleh komputer, pengguna dapat seolah masuk ke dalam realita yang telah dibuat, sehingga penambahan VR pada permainan dapat menambah pengalaman permainan dan secara tidak langsung menambah pembelajaran yang diberikan terhadap permainan yang dimainkan. Penelitian dilaksanakan untuk mengembangkan game PELAN menggunakan teknologi VR dengan tujuan meningkatkan pengalaman yang diberikan kepada pengguna sehingga secara tidak langsung meningkatkan performa pembelajaran game tersebut. Pelaksanaan implementasi permainan menggunakan metode Big Bang model, sebuah model pengembangan perangkat lunak yang memiliki fleksibilitas dan kemudahan pengubahan perancangan diharapkan dapat membantu untuk menjawab kebutuhan yang ada pada penelitian. Game yang telah dibuat diuji fungsionalitasnya menggunakan Black Box Testing, dimana setiap fungsionalitas pada penelitian dinyatakan valid, dan dilaksanakannya tes Game Experience Questionnaire (GEQ), dimana skor rata-rata komponen positif yang mendapatkan rata-rata nilai kurang lebih tiga, sehingga dapat dikatakan baik, dan rata-rata nilai efek negatif kurang dari 2 yang berarti kurang dari cukup, beserta perbandingannya jika menggunakan Kinect sebagai kontrol permainan

English Abstract

Educational games have been widely used as a learning media. Educational Games are designed to help the learning process and provide experience to the players, and are proven to be effective to use as a learning media. A game called PELAN has been created to help children learning to cross the road on a computer program, where the use of Augmented Reality in games has a positive effect on children's learning. With the advent of Virtual Reality (VR) technology, which is a virtual environment generated by the computers, users can enter into the reality that has been created, so that the addition of VR with Google Cardboard in the game can add to the gaming experience and indirectly add to the learning process provided from playing the game. The research was conducted to develop the PELAN game using VR technology with the aim of increasing the experience given to users that played it and so that it indirectly improves the learning performance provided by the game. The implementation of the game uses the Big Bang method, a software development model that has the flexibility and ease of change design that is expected to help answers the needs of the research. The game that has been made has been tested for its functionality using Black Box Testing, where each functionality in the study is declared valid, and the Game Experience Questionnaire (GEQ) questionnaire is held, where the average score of the positive component is approximately three, which is good , and the average negative effect value is less than 2 which means less than enough, along with the comparison if using kinect as a game controller

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/361/051905679
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Big Bang, Game edukasi, Game Experience Questionnaire/Virtual Reality, Google Cardboard, Big Bang, Game, Game Experience Questionnaire, education
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:51
Last Modified: 24 Aug 2020 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171682
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item