Prasetyo, Aji (2019) Perancangan Aplikasi Bimbingan Skripsi Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Bimbingan Skripsi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mahasiswa dapat menyelesaikan masa perkuliahan jika telah menyelesaikan tugas akhir penelitian skripsi dan telah memenuhi persyaratan kelulusan mahasiswa. Untuk kelancaran dalam mengerjakan skripsi mahasiswa harus bertemu dosen dan melaporkan setiap pencapaian dan masalah yang didapatkan, namun dikarenakan terlalu banyaknya mahasiswa dan jadwal dosen yang sibuk sehingga membuat mahasiswa kesulitan untuk bertemu dengan dosen, sedangkan masalah yang dialami dosen yaitu sulitnya menentukan jadwal dengan mahasiswa, sulit memantau hasil pencapaian yang dikerjakan mahasiswa dan sering mahasiswa tidak melakukan konsultasi dengan rutin. Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan dapat menghasilkan prototipe aplikasi bimbingan skripsi yang dapat dikembangkan kembali pada tahap pengembangan sehingga aplikasi dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk memudahkan dalam melakukan bimbingan skripsi. Pendekatan yang akan dilakukan penelitian ini menggunakan Design Sprint. Design sprint terdiri dari dua tahap utama yaitu design sprint planning dan design sprint method phases & method. Dengan menggunakan Design Sprint akan menghasilkan prototipe aplikasi yang dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang siap untuk digunakan dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Hasil dari perancangan prototipe aplikasi bimbingan skripsi menggunakan pendekatan Design Sprint yaitu, prototipe aplikasi bimbingan skripsi berbasis mobile yang memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna selama menggunakan prototipe, dapat menyediakan fasilitas yang dapat menjawab masalah yang dialami oleh dosen dan mahasiswa.
English Abstract
Students can complete the lecture period if they have completed the final thesis assignment and have fulfilled the requirements for student graduation. For fluency in working on the thesis students must meet the lecturer and report each meeting and problem obtained, but considering too many students and busy lecturer schedules make it difficult for students to meet the lecturer, while the problems discussed by the lecturer are difficult to find schedules with students, difficult Visit results what students and students do is often not consulted regularly. The existence of this research is expected to be able to produce a prototype guidance application that can be developed again in the development of applications that can be used by lecturers and students to facilitate in conducting thesis guidance. The assessment that will be carried out by this study uses design sprint. Design sprint consists of two main designs, design sprint planning and design sprint phases & methods. Using Design Sprint will produce an application prototype that can be developed into an application that is ready for use and provides a good experience for users. The results of the design of the guidance application prototype using design sprint, namely, a prototype of a mobile-based guidance application that provides a good experience to users while using a prototype, can provide facilities that can answer the problems that need to be conveyed by lecturers and students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/344/051905662 |
Uncontrolled Keywords: | bimbingan skripsi Fakultas Ilmu Komputer UB, perancangan, Design Sprint, perancangan prototipe/bimbingan skripsi Fakultas Ilmu Komputer UB, Design, Design Sprint, prototyping design |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.2 Scholarship and learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 07:25 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 07:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171670 |
Actions (login required)
View Item |