Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Learning Dengan Menggunakan UX Honeycomb

Kusuma, Wirahadi (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Learning Dengan Menggunakan UX Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruangguru merupakan perusahaan berbasis teknologi yang berfokus pada layanan pendidikan yang telah memiliki pengguna lebih dari 10 juta dan mengelola lebih dari 150 ribu guru di seluruh Indonesia. Ruangguru telah menjadi aplikasi mobile learning terbesar di Indonesia dan dapat diterima dengan baik oleh penggunanya. Namun menurut hasil survei yang dilakukan, 86,5% diantaranya pernah mengalami permasalahan saat menggunakan aplikasi Ruangguru. Permasalahan tersebut berkaitan dengan aspek ux honeycomb. Penelitian ini menggunakan pendekatan data kuantitatif yang didapatkan dari kuesioner online yang disebarkan kepada pengguna Ruangguru dengan kriteria pengguna berumur 13-18 tahun. Kemudian setiap aspek ux honeycomb dianalisis dengan metode pembobotan entropy. Pembobotan dengan entropy dilakukan dengan beberapa tahapan. Tahapan yang dilakukan antara lain normalisasi data, menghitung jumlah nilai data yang telah dinormalisasi, menghitung nilai entropy, dan menghitung bobot entropy. Hasil dari penelitian ini yaitu urutan aspek yang memengaruhi pengalaman pengguna. Urutan aspek dari nilai tertinggi adalah usable, findable, useful, accessible, credible, dan desirable. Berdasarkan urutan tersebut, responden menilai bahwa aspek desirable menjadi aspek dengan nilai paling rendah. Rendahnya aspek tersebut karena Ruangguru belum dapat mengikat kedekatan emosional dengan penggunanya. Kurangnya kedekatan emosional ini terjadi karena fungsi komunitas yang bisa saling berinteraksi di Ruangguru belum dibangun. Untuk meningkatkannya desirable bisa dibuat layanan diskusi antar pengguna saat menonton video pembelajaran.

English Abstract

Ruangguru is a technology-based company focused on education services that has more than 10 million users and manages more than 150 thousand teachers throughout Indonesia. Ruangguru has become the largest mobile learning application in Indonesia and can be well received by its users. But according to the results of a conducted survei, 86.5% of them had experienced problems when using the Ruangguru application. These problems are related to the ux honeycomb aspect. This study uses a quantitative data approach obtained from an online questionnaire distributed to Ruangguru users with the criteria of users aged 13-18 years. Then each aspect of the ux honeycomb is analyzed by the entropy weighting method. Entropy is weighted by several stages. Stages carried out include normalizing data, calculating the number of normalized data values, calculating entropy values, and calculating entropy weights. The results of this study are sequences of aspects that affect user experience. The order of aspects of the highest value is usable, findable, useful, accessible, credible, and desirable. Based on this sequence, respondents considered that the desirable aspect was the aspect with the lowest value. The low aspect is because Ruangguru has not been able to bind emotional closeness with its users.This lack of emotional closeness occurs because community functions that can interact with each other in Ruangguru have not yet been built. To improve it, discussion services can be made between users while watching learning videos

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/560/051906008
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, User experience, Ux honeycomb, Entropy, Pembobotan, Mobile learning, User experience, Ux Honeycomb, Entropy, Weighting
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:51
Last Modified: 25 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171665
[thumbnail of Wirahadi Kusuma (2).pdf]
Preview
Text
Wirahadi Kusuma (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item