Sistem Rekomendasi Tempat Pembelian Barang Kerajinan Khas Malang Berbasis Android Dengan Topsis Dan Lbs

Aryasa, Kadek Dwi (2019) Sistem Rekomendasi Tempat Pembelian Barang Kerajinan Khas Malang Berbasis Android Dengan Topsis Dan Lbs. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang memiliki kebudayaan beranekaragam yang menjadi potensi yang bagus dalam pengembangan daerah pariwisata dan memilki berbagai objek wisata budaya dan sejarah yang dapat menarik pengunjung untuk datang berwisata ke Malang. Selain itu, Kabupaten Malang juga memiliki barang kerajinan khas yang memiliki nilai seni jawa timur yang kental dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk pariwisata di Kabupaten Malang. Namun para pelaku kerajinan merasa kurangnya perhatian khusus dari pemerintah menyebabkan kerajinan khas Malang sendiri menjadi kurang berkembang. Kurangnya perhatian terhadap kerajinan menyebabkan informasi tentang kerajinan di Malang juga sedikit yang sampai kepada pengunjung. Sehingga diperlukan sebuah media yang dapat memberikan rekomendasi tempat Pembelian yang tepat dengan kriteria yang diinginkan dan mudah dilakukan. Sistem rekomendasi tempat pembelian barang kerajinan khas malang ini dibangun dengan berbasis android, menerapkan Location-Based-Service untuk mendapatkan jarak antara pengguna dengan tempat pembelian kerajinan dan juga menggunakan TOPSIS Untuk membantu pemilihan keputusan karena memiliki kompleksitas waktu yang rendah dan ringan. Sistem rekomendasi tempat Pembelian barang kerajinan khas Malang dikembangkan dengan metode Waterfall. Sistem diimplementasikan menggunakan alat pengembangan android studio dan menggunakan metode TOPSIS dengan spesifikasi perangkat lunak pada perangkat bergerak adalah android OS 8.0.0. Dari hasil pengujian Black Box menghasilkan bahwa sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan hasil perancangan. Pada pengujian validasi algoritma menghasilkan bahwa hasil dari sistem dengan perhitungan manual TOPSIS menghasilkan hasil yang sama. Terakhir pada pengujian usability dengan metode SUS menghasilkan nilai akhir 76,75 yang berada pada kategori acceptable dan termasuk kategori Good.

English Abstract

Malang Regency has a diverse culture that is a good potential in the development of tourism and has various cultural and historical attractions that can attract visitors to come to Malang. In addition, Malang Regency also has unique handicrafts that have thick East Java artistic value and become one of the main attractions for tourism in Malang Regency. However, craftsmen feel that the lack of special attention from the government has caused Malang's own handicrafts to become less developed. The lack of attention to craft causes little information about handicrafts in Malang to reach visitors. We need a media that can provide the right place of purchase recommendations with the desired criteria and easy to do. The recommendation system for purchasing a Malang handicraft is built on Android-based, apply LocationBased-Service to get the distance between the user and the place of purchase craft and also uses TOPSIS to support the decision making because it has a low time complexity and light. Recommendation system where Purchases of Malang handicrafts are developed using the Waterfall method. The system is implemented using the Android Studio development tool and using the TOPSIS method with the software specifications on the mobile device is Android OS 8.0.0. The results of Black Box testing are that the system runs well and convenient with the results of the design. In the validation test, it produces results from the system with manual calculations, TOPSIS produces the same results. Finally, the usability test with the SUS method produces the final value of 76.75 which is in the acceptable category and belongs the Good category.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/558/051906006
Uncontrolled Keywords: Sistem rekomendasi, topsis , kerajinan malang, android, LBS , Tempat pembelian barang kerajinan, Recommendation system, TOPSIS, Malang craft, android , LBS, the place of purchase craf
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.1 Programming > 005.106 85 Software engineering / Capability maturity model (Computer software)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:12
Last Modified: 25 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171663
[thumbnail of kadek dwi aryasa - skripsi (2).pdf]
Preview
Text
kadek dwi aryasa - skripsi (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item