Prioritas Penanganan Keselamatan Berlalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Pengendara Sepeda Motor Di Kota Surabaya

Wibawa, R. Abhi Kusuma (2019) Prioritas Penanganan Keselamatan Berlalu Lintas Berdasarkan Karakteristik Pengendara Sepeda Motor Di Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan persentase kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor di tiap tahunnya seiring dengan penaikan jumlah penggunaan sepeda motor di Kota Surabaya. Perilaku manusia dimana kesadaran tentang keselamatan berkendara masih sangat kurang pada masyarakat menjadi salah satu faktor terbesar terjadinya kecelakaan dalam berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel karakteristik pengendara apa saja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap karakteristik perilaku pengendara di Kota Surabaya sehingga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kecelakaan sepeda motor serta menyusun prioritas penanganan keselamatan berlalu lintas berupa alternatif. Hasil akhir penelitian ini diharapkan diperhatikan dan dipahami oleh pengendara sepeda motor dan pemerintah sehingga dapat meminimalisir tingkat kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis distribusi frekuensi, analisis regresi logistik, dan Analytical Hierarchy Process. Penelitian ini melibatkan 221 responden pengendara sepeda motor yang berada di 24 jalan wilayah studi dan 10 ahli yang memiliki kompeten terhadap penanganan keselamatan berlalu lintas di Kota Surabaya. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa didapatkan pada setiap aspek karakteristik pengendara memiliki hubungan terhadap tingkat kecelakaan baik menurunkan maupun berpotensi meningkatkan kecelakaan berupa model peluang tingkat kecelakaan sepeda motor pada tiap tipe jalan bermedian dan tidak bermedian di Kota Surabaya. Alternatif prioritas penanganan keselamatan berlalu lintas berdasarkan persepsi ahli didapatkan bahwa urutan pertama jatuh kepada alternatif penegakan hukum.

English Abstract

Increasing the percentage of accidents involving motorbike riders in each year along with increasing the number of motorcycle use in the city of Surabaya. Human behavior where awareness of driving safety is still very lacking in society is one of the biggest factors in driving accidents. This study aims to determine the variables of the characteristics of drivers who have a significant influence on the behavior characteristics of motorists in the city of Surabaya so that it can cause an increase in motorcycle accidents and formulate priorities in handling traffic safety in the form of alternatives. The final results of this study are expected to be considered and understood by motorcyclists and the government so as to minimize the level of accidents involving motorcyclists in the city of Surabaya. The method used in this study is frequency distribution analysis, logistic regression analysis, and Analytical Hierarchy Process. This study involved 221 motorbike respondents in 24 study areas and 10 experts who had competency in handling traffic safety in the city of Surabaya. The results of logistic regression analysis show that it is found in each aspect of the characteristics of the driver has a relationship to the level of accidents both decreases and has the potential to increase accidents in the form of opportunities for motorcycle accident on each type of road with median and with non-median in Surabaya. Alternative priorities for handling traffic safety based on expert perceptions found that the first order fell to law enforcement alternative.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/420/051905016
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pengendara, Regresi Logistik, AHP , Drivers Characteristics, Regression Logistics, Analytical Hierarchy Process
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:20
Last Modified: 26 Aug 2020 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171636
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item