Analisi Isi Iklan Kampanye Politik pada Instagram @jatimsedulur dan @khofifah_emil_jatim1

Putri, Niche Marsella Diansyah (2019) Analisi Isi Iklan Kampanye Politik pada Instagram @jatimsedulur dan @khofifah_emil_jatim1. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam konteks pemilu, media sosial menempati posisi strategis sebagai salah satu media kampanye. Untuk kalangan relatif terdidik, kampanye menggunakan media sosial lebih efektif ketimbang baliho atau spanduk. Posisi strategis media sosial dalam politik belakangan dan menakar seberapa besar peran media sosial dimanfaatkan sebagai alat kampanye dan komunikasi politik, terutama menjelang pemilu. Akun official yang digunakan oleh dua kandidat diPilkada Jatim 2018 adalah @jatimsedulur untuk kandidat No. 2 yakni gus ipul dan mba putih, serta akun @Khofifah_emil_jatim1 adalah untuk kandadiat No. 2 yakni atas nama pasangan Khofifah dan Emil. Dua akun tersebut sengaja dibuat dengan tujuan memberikan gambaran-gambaran kegiatan baik kampanya politik atau kunjungan kandidat ke berbagai daerah di Jawa timur dengan membawa program andalan masing-masing. Adapapun tujuan penelitian yang ingin dicapai untuk mengetahui bagaimanakah pemaknaan kampanye politik Cagub Jatim di media social Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi kualitatif. Analisis isi media kualitatif lebih banyak dipakai untuk meneliti dokumen yang dapat berupa teks, gambar, simbol dan sebagainya untuk memahami budaya dari suatu konteks sosial tertentu. Analisis isi media kualitatif ini merujuk pada metode analisis yang integratif dan lebih secara konseptual untuk menemukan, mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis dokumen untuk memahami makna, signifikansi, dan relevansinya.Berdasar hasil pengolahan data, dapat disimpulkan Media sosial sudah menjadi media baru yang tidak hanya diguna kan sebagai jejaring pertemanan namun telah dimanfaatkan ke hal yang lebih besar seperti kampanya politik dalam pemilihan umum, seperti yang dilakukan oleh @jatimsedulur dan @khofifah_emil_jatim1 dalam memanfaatkan instagram untuk menarik minat pemilih. Salah satu perbedaan lain adalah, tim jatim 1 lewat akun @khofifah_emil_jatim1 setiap postingannya mempunyai storytelling yang kuat, antara postingan terbaru dengan sebelumnya. Sedangkan pada tim jatim sedulur lewat akun @jatimsedulur lebih bersifat kondisional dan terkesan random.

English Abstract

In the context of elections, social media occupies a strategic position as one of the campaign media. For relatively educated circles, the campaign using social media is more effective than billboards or banners. The strategic position of social media in recent politics and measures how much social media role is used as a tool for political campaigning and communication, especially ahead of elections. Official account used by two candidates chosen by East Java 2018 is @jatimsedulur for candidates No 2 namely Gus Daniel and White MBA, as well as @Khofifah_emil_jatim1 account is to Kandadiat No. 2 namely in the name of the couple Khofifah and Emil. The two accounts were deliberately created with the aim of providing an overview of the activities of the political campus or candidate visits to various regions in East Java by carrying their own mainstay program. Adwhatever research aims to be achieved to know how to use the political campaign of Cagub Jatim on Instagram social media. The research method used in this research is a qualitative content analysis method. Analysis of qualitative media content is used to examine documents that can be text, images, symbols and so on to understand the culture of a particular social context. This analysis of qualitative media content refers to an integrative and more conceptual method of analysis for discovering, identifying, processing, and analyzing documents to understand their meaning, significance, and relevance. Based on the results of the data processing, the social Media can be deduced has become a new medium that is not only used as a friendship network but has been utilized greater things such as political campaigns in the elections, such as Done by @jatimsedulur and @khofifah_emil_jatim1 in leveraging Instagram to attract voters. One of the other differences is that the JATIM1 team through the account @khofifah_emil_jatim1 each post has a strong storytelling, between the latest posts to the previous one. While the team of Jatim Sedulur through the account @jatimsedulur more conditional and impressed random.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/593/051905439
Uncontrolled Keywords: Kampanya Politik, Jawa Timur, 2018-political village, East Java, 2018
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.9 History and geographic treatment of elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:10
Last Modified: 21 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171632
[thumbnail of Niche Marsella Diansyah Putri.pdf]
Preview
Text
Niche Marsella Diansyah Putri.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item