Suseta, Prisma (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi E-Commerce Tapp Market Menggunakan Parameter Ux Honeycomb. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tapp Market adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis lokasi yang memungkinkan pembelian online dengan uang tunai secara mudah dan terpercaya. Per 10 Januari 2019, aplikasi Tapp Market telah diunduh sebanyak 50.000 kali dan mendapatkan 2.000 ulasan. Namun, aplikasi Tapp Market hanya memperoleh total rating 3,2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan masalah dari setiap aspek yang diteliti, sekaligus memberikan rekomendasi perbaikan. UX Honeycomb digunakan sebagai parameter untuk mengukur pengalaman penggguna dari aplikasi Tapp Market. Aspek yang diteliti adalah aspek credible, valuable, useful, dan usable. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 60 responden, dengan syarat responden merupakan pengguna yang sedang atau masih baru dalam menggunakan aplikasi Tapp Market. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk online dan offline. Data yang didapatkan berupa gabungan dari data kuantitatif dan kualitatif (triangulasi). Analisis data dilakukan menggunakan rumus statistik deskriptif sederhana untuk mencari nilai rata-rata (mean) dan variasi data (standar deviasi). Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata skor dari aspek credible adalah 64.45% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek valuable adalah 69.27% dengan kategori baik, persentase nilai rata-rata skor dari aspek useful adalah 77.19% dengan kategori baik, dan persentase nilai rata-rata skor dari aspek usable adalah 64.93% dengan kategori baik. Berdasarkan Mobile Principles of Retail Apps and Sites, rekomendasi yang diberikan berupa perbaikan pada setiap indikator. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek credible adalah indikator dengan kode CR1, CR2, CR3, dan CR4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek valuable adalah indikator dengan kode VL1, VL2, dan VL4. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek useful adalah indikator dengan kode UE1 dan UE3. Indikator yang perlu diperbaiki pada aspek usable adalah indikator dengan kode UA2, UA4, dan UA6.
English Abstract
Tapp Market is a location-based e-commerce mobile application that provides online purchases with cash easily and reliably. As of January 10th, 2019, Tapp Market e-commerce mobile application has been downloaded 50,000 times and received 2,000 reviews. However, Tapp Market e-commerce mobile application only gets a total rating 3.2 out of 5.0. The purpose of this research is to map the problems from every aspect offered, each contributing to improvements. UX Honeycomb is used as a parameter to measure user experience from Tapp Market e-commerce mobile application. Aspects which measured in this research are credible, valuable, useful, and usable. The number of samples used are 60 respondents. As requirement, respondents are users who have used or new to using Tapp Market e-commerce mobile application. The data collection method used is questionnaire transferred in the form of online and offline. The data obtained consisted of quantitative and qualitative data (triangulation). Data analysis was performed using simple descriptive statistical formula to find the average value and standard deviation. The results of the analysis show the percentage score average from credible aspect is 64.45% with good category, the percentage score average from valuable aspect is 69.27% with good category, the percentage score average from useful aspect is 77.19% with good category, and percentage score average from usable aspect is 64.93% with good category. Based on the Mobile Principles of the Retail Application and Site, recommendations are given in the form of improvements to each indicator. Indicators that need to be improved on credible aspect are indicators with codes CR1, CR2, CR3, and CR4. Indicators that need to be improved on valuable aspect are indicators with codes VL1, VL2, and VL4. Indicators that need to be improved on useful aspect are indicators with codes UE1 and UE3. Indicators that need to be improved on usable aspect are indicators with codes UA2, UA4, and UA6.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/439/051905822 |
Uncontrolled Keywords: | tapp market, pengalaman pengguna, UX honeycomb, statistik deskriptif, aturan desain, tapp market, user experience, UX honeycomb, descriptive statistics, design guideline |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:51 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |