Virtual Group Sebagai Program Komunikasi Korporat (Studi Eksploratif Pengelolaan Media Sosial Pada Grup Facebook Semua Beres Pt Bank Central Asia Tbk)

Faldiansyah, Arief (2019) Virtual Group Sebagai Program Komunikasi Korporat (Studi Eksploratif Pengelolaan Media Sosial Pada Grup Facebook Semua Beres Pt Bank Central Asia Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pekembangan teknologi informasi mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan program komunikasi internal agar tetap revelan (Protocor & Doukakis, 2003). Media sosial dapat dipertimbangkan sebagai salah satu media yang efektif karena anggota organisasi sudah terbiasa dan sudah digunakan untuk keperluan hubungan sehari-hari dalam waktu yang lama (Lunden, 2015). Salah satu fitur dari media social adalah virtual group, secara singkat definisi virtual group dua atau lebih individu berinteraksi dengan cara tertentu dan saling memperngaruhi satu dengan yang lainya (McKenna & Green, 2012). PT Bank Central Asia Tbk meyakini bahwa komunikasi korporat yang dibina dengan baik sangat berpengaruh dalam proses mencapai tujuan perusahaan. Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia dan memiliki cabang yang tersebah di seluruh Indonesia, program komunikasi internal yang efektif menjadi sangat penting. Salah satu program komunikasi korporat BCA adalah virtual group Facebook BCA Semua Beres. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan program komunikasi korporat pada virtual group BCA Semua Beres, metode kualitatif-eksploratif dipilih karena kajian program komunikasi korporat berbasis vistual group masih sangat minim, penelitian ini menggunakan medium theory dan dialogic communication theory dalam menganalisis hasil temuan. Penelitian ini menemukan bahwa virtual group merubah pola komunikasi komunikasi internal menjadi tiga arah dan menjaga konsistensi pesan terkait produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan kepada nasabah.

English Abstract

The advancement of information technology require compony to develop their internal communication program to stay revelant (Protocor & Doukakis, 2003). Social media considered being one of the most effective medium for internal communication program because most of the employee already use it on daily basis (Lunden, 2015), One of the fiture of social media is virtual group, virtual group defined as two or more person, interacting in certain way to influence each other (McKenna & Green, 2012). PT Bank Central Asia Tbk believe that corporate communication should be handled effectively in order to achieve the company objective, with braches all across Indonesia, effective internal communication program become more promiment than ever. One of BCA’s corporate communication program is virtual group Facebook BCA Semua Beres. This research aim to take a deep look and analize the manajement of virtual group BCA Semua Beres. This research use grounded-research methods considering lack of research on corporate communication based on virtual group. This research use medium theory and dialogic communication theory to analize the research findings. This research found that virtual group changed the direction of communication into there-way communication and potentially control the message consistency of service and product that the company offer to the customer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/708/051905768
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.6 Interfacing and communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2020 04:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171605
[thumbnail of Arief Faldiansyah.pdf] Text
Arief Faldiansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item