Maulida, Narisa (2019) Pengaruh Desain Jalan Terhadap Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Rawan Kecelakaan Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia, faktor prasarana. faktor kendaraan, dan faktor lingkungan. Dimana faktor prasarana merupakan faktor yang dapat secara langsung dipengaruhi pemerintah, dengan bentuk perbaikan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecelakaan ruas jalan, mengaudit keselamatan jalan, dan mengetahui pengaruh desain jalan terhadap tingkat kecelakaan pada Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Sunandar Priyosudarmo, dan Jalan S.Supriadi. Metode analisis yang digunakan adalah angka kecelakaan 100juta kendaraan/km, angka keparahan korban, audit keselamatan jalan, dan analisis regesi linier berganda. Hasilnya, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi, dan Jalan Kolonel Sugiono merupakan ruas jalan yang tergolong rawan kecelakaan dikarenakan nilai angka kecelakaan 100 juta kendaran/km dan angka kecelakaan keparahan korban telah melebihi nilai BKA dan UCL sebagai batas ambang dalam penentuan ruas rawan kecelakaan. Sedangkan, jalan yang tidak rawan kecelakaan adalah jalan Sunandar Priyosudarmo dan Jalan S. Supriadi. Berdasarkan hasil audit keselamatan jalan, ruas jalan dengan kualitas desain jalan yang buruk adalah : Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi dan Jalan Kolonel Sugiono. Kemudian, Jalan dengan kualitas yang cukup, yaitu: Jalan S. Supriadi dan Jalan S.Priyosudarmo. Model regresi angka kecelakaan 100juta kendaraan/km adalah Y1=-149,669+16,249X7+9,360X9+9,968X6+7,307X12+19,497X1+ 32,419X17 +8,836X18 dan model untuk angka kecelakaan keparahan korban adalah Y2= -219.301+39.502X4+73.510X8+73.397X7+59.395X6+76.173X20+48.745X24.Berdasarkan hasil kedua model tersebut maka tingginya permasalahan terkait lansekap, pengharapan pengemudi, kecepatan rencana, jarak pandang alinyemen, rambu dan marka lalu lintas tak bermotor, cahaya silau, kerusakan pavement, median/seperator, Fasilitas untuk manula/penyandang cacat, dan marka dan tanda persimpangan secara signifikan mempengaruhi tingginya tingkat kecelakaan pada ruas jalan lokasi studi.
English Abstract
Traffic accident is caused by the human factors, infrastructure factors, vehicle factors, and environmental factors. One of factors that is crucial for the government to step in for improving the traffic safety is quality of the infrastructure, especially the quality of the road. In order to improve the traffic safety, the government can improve directly by providing roads with good quality. Our purposes of the reasearch are to investigate the rate of traffic accident, to audit road safety, and to investigate the effect of the road design to the rate of traffic accident in Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, and Jalan Kawi, Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Sunandar Priyosudarmo, and Jalan S.Supriadi. The analysis methods used in this research are analysis of the number of accidents of 100 million vehicles, analysis of the severity of the victim, road safety audit and the multiple linear regression. The results show that Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi, and Jalan Kolonel Sugiono are classified as accident prone roads because the accident rate is 100 million vehicle/km and the casualties severity has exceed the BKA and UCL. On the other hand, Jalan S. Priyosudarmo and Jalan S.Supriadi are not accident prone roads. Based on the result of road safety audit, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi and Jalan Kolonel Sugiono have poor road design quality. On the other hand, Jalan S. Supriadi and Jalan S.Priyosudarmo have fairly poor design quality. We found the regresssion model of traffic accident for 100 million vehicle/km to be Y1=-149,669+16,249X7+9,360X9+9,968X6+7,307X12+19,497X1+32,419X17 +8,836X18 and the regression model of severity rate to be Y2=-219.301 +39.502X4+73.510X8+73.397X7+59.395X6+76.173X20+48.745X24. Based on both regression model, we found that the landscape, the driver expectation, the velocity planning, the visibility of alignment, the road signs and marking, the sun glare, the pavement damage, the median, the Eldery/disabled facilities, the junction marking and signs factors significantly affect the rate of traffic accident of the studied road segment.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/397/051904993 |
Uncontrolled Keywords: | desain-jalan, audit-keselamatan, tingkat-kecelakaan, kota-malang. road-design, safety-audit, accident-rate, malang-city. |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:20 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171589 |
Actions (login required)
View Item |