Pengalaman Juru Pelihara Candi di Malang (Studi Deskripsi Pengalaman Juru Pelihara dalam Melihat Aktivitas Penganut Kejawen di Candi)

Tristriasari, Okkia (2019) Pengalaman Juru Pelihara Candi di Malang (Studi Deskripsi Pengalaman Juru Pelihara dalam Melihat Aktivitas Penganut Kejawen di Candi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengalaman juru pelihara candi di Malang dalam melihat aktivitas penganut kejawen di candi. Penelitian ini juga menjelaskan tentang pengalaman dan kesadaran yang ada pada juru pelihara candi dalam melihat aktivitas yang dilakukan oleh penganut kejawen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pengalaman dan kesadaran juru pelihara candi selama juru pelihara candi melaksanakan profesinya. Penelitian ini juga mendeskripsikan aktivitas yang dilakukan oleh penganut kejawen dari sudut pandang juru pelihara. Penelitian ini menggunakan konsep fenomenologi Edmund Husserl. Husserl menjelaskan bahwa dalam fenomelologi memiliki pengalaman dan kesadaran yang berasal dari realitas yang telah dialami. Hal tersebut kemudian menciptakan intensionalitas atau bentuk dari tindakan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman dan kesadaran juru pelihara memiliki intensionalitas berupa tindakan yang dilakukan oleh juru pelihara candi. Pengalaman dan kesadaran menjelasakan bahwa aktivitas penganut kejawen di candi adalah untuk beribadah. Tujuannya untuk mendapatkan keselamatan. Intensionalitas yang lain adalah tindakan juru pelihara dalam mempersilahkan penganut kejawen untuk berdoa di sana. Hal tersebut dikarenakan candi merupakan tempat yang disucikan oleh yang mempercayainya.

English Abstract

This research are discussed about the experience of temple caretaker in Malang who saw the activities of Kejawen adherent in temple. This research also explained about the experience and consciousness inside the temple caretaker on saw the activity of Kejawen adherent. The purpose of this research are to describe about the experience and consciousness of temple caretaker along they did their profession. This research is also described about activity which is done by kejawen adherent. It saw by the temple caretaker’s point of view. This research used Edmund Husserl’s phenomenological concept. Husserl exlapined that inside the phenomenology, it had experience and consciousness which come from their reality. Those created intentionality or the form of the act. This research used qualitative method and descriptive approach. To choose the informant, this research used purposive sampling. This research concluded that experience and consciousness of temple caretaker has intentionality in the form of their act which is done by the temple caretaker. Experience and consciousness explained that the activity of Kejawen adherent in temple are to pray. The purposes are for salvation. Other intensionality are the act of temple caretaker to let the Kejawen adherent prayed there. Those are because the temple are holy place for their believer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/679/051905525
Uncontrolled Keywords: Juru pelihara Candi, Penganut Kejawen, Pengalaman dan Kesadaran serta Intensionalitas-Temple Caretaker, Kejawen Adherent, Experience and Consciousness
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.37 Social norms > 303.372 Belief systems and customs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Oct 2020 13:43
Last Modified: 21 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171581
[thumbnail of Okkia Tristriasari.pdf]
Preview
Text
Okkia Tristriasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item