Pengaruh Variasi Ignition Timing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pertamax Pada Kendaraan Urban Concept

Yogisworo, Benedictus Ardian (2019) Pengaruh Variasi Ignition Timing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pertamax Pada Kendaraan Urban Concept. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi ignition timing terhadap fuel economy bahan bakar pertamax dan E20 pada pengujian dinamis. Pertamax merupakan jenis bahan bakar bensin yang umum digunakan di Indonesia dan bahan bakar E20 merupakan bahan bakar alternatif dimana pertamax dicampur dengan etanol sebanyak 20% volume. Masing-masing bahan bakar memiliki pengaturan ignition timing-nya masing-masing karena ignition delay yang berbeda. Pengaturan ignition timing yang tepat dapat membuat fuel economy yang lebih hemat karena dapat menghindari knocking maupun backfire pada mesin yang dapat mengurangi efisiensi pada saat kendaraan berjalan. Untuk itu ignition timing yang tepat harus dicari terlebih dahulu. Dalam penelitian ini metode yang diterapkan adalah experimental research. Pada penelitian ini variasi ignition timing yang digunakan adalah ignition timing 0 (5o), +1o, +2o, -1o dan -2o dengan menggunakan bahan bakar pertamax dan E20. Hasil dari penelitian ini adalah pada rentang 2000-3000 RPM fuel economy paling hemat pada ignition timing -1o, tetapi pada putaran mesin 3500 RPM, ignition timing +1o memiliki hasil konsumsi yang paling hemat. Selain itu dengan ignition timing yang semakin mendekati TMA maka emisi akan lebih baik

English Abstract

This study aims to determine the effect of variations in ignition timing on fuel economy of pertamax and E20 fuels on dynamic testing. Pertamax is a type of gasoline fuel commonly used in Indonesia and E20 fuel is an alternative fuel where pertamax is mixed with ethanol as much as 20% by volume. Each fuel has its own ignition timing because of the different ignition delay values. The right setting of ignition timing can make fuel economy more efficient because it can avoid knocking and backfire on the engine which can reduce efficiency when the vehicle is running. For this reason, the right ignition timing must be sought first. In this study the method applied was experimental research. In this study the variation of ignition timing used is the ignition timing 0 (5o), +1o, +2o, -1o and -2o using the pertamax and E20 fuels. The results of this study are in the range 2000-3000 RPM the most economical fuel economy in the -1o ignition timing, but at 3500 RPM engine speed, the ignition timing +1o has the most efficient fuel economy results. In addition, with the ignition timing getting closer to the TMA, the emissions will be better

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/406/051905002
Uncontrolled Keywords: Ignition Timing, Pertamax, Spark Timing, ECU Programmable, konsumsi bahan bakar, Ignition Timing, Pertamax, Spark Timing, ECU Programmable, Fuel Consumption
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2020 13:26
Last Modified: 09 Nov 2020 13:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171559
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item