Strategi Kosmonita Malang Untuk Mengoptimalisasi Content Program Perempuan Dalam Mempertahankan Positioning Sebagai Radio Bersegmentasi Perempuan

Sylvatri, Hapsari Dian (2019) Strategi Kosmonita Malang Untuk Mengoptimalisasi Content Program Perempuan Dalam Mempertahankan Positioning Sebagai Radio Bersegmentasi Perempuan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi konten program perempuan dalam bentuk insert di radio Kosmonita malang. Penelitian ini merupakan penelitian action research, yaitu penelitian yang berfokus kepada tindakan yang melibatkan peneliti dan anggota masyarakat, organisasi yang ingin diteliti. Tujuan penelitian action research untuk menghasilkan perubahan dengan tindakan tertentu untuk mewujukan perubahan sosial. Objek penelitian ini adalah Radio Kosmonita Malang, dan berfokus pada teori stategi pemasaran radio dengan menggunakan teori STP (segmentation, targeting, positioning) dan juga menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Thread) sebagai teori pendukung agar bisa menemukan strategi yang tepat untuk mengoptimalisasi program konten perempuan dalam radio Kosmonita Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan Focus Group Discussion, wawancara, membuat insert radio, dan melakukan survei terhadap pendengar radio Kosmonita Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum ada insert, program inspiring woman kurang optimal, namun setelah adanya insert tersebut terjadi optimalisasi konten program perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini penambahan content insert inspiring women yang berisi tentang kisah sukses tokoh perempuan dalam berbagai bidang semakin mengoptimalkan program ini. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan untuk menjadikan insert tersebut sebagai program talkshow yang disiarkan secara regular di radio kosmonita malang dan yang kedua adalah risert atau survey secara regular sehingga dapat memberikan inovasi baru untuk program-program siar di radio kosmonita.

English Abstract

This study aims to optimize the content of women's programs in the form of inserts on Kosmonita radio Malang. This research is an action research study, that focuses on actions that involve researchers and community members, organizations that want to be studied. The purpose of action research is to produce changes with certain actions to refer to social change. The object of this research is Radio Kosmonita Malang, and focuses on radio marketing strategy theory by using STP theory (segmentation, targeting, positioning) and also using SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, and Thread) as supporting theories in order to find the right strategy to optimize women's content programs in Kosmonita radio Malang. Data collection was conducted with Focus Group Discussion, interviews, making radio inserts, and conducting surveys on Kosmonita radio’s listeners in Malang. The results showed that before there was an insert, the inspiring woman program was not optimal, but after the insert, there was an optimization of women's program content. The conclusion of this study is the addition of inspiring women's content, which contains the success stories of female in various fields, increasingly optimizing this program. Based on these conclusions, the researchers suggested to make the insert as a talk show program that broadcast regularly on Kosmonita radio Malang and the second is regular research or survey so that it could provide new innovations for broadcast programs on Kosmonita radio Malang.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/384.54/SYL/s/2019/041905542
Uncontrolled Keywords: RADIO BROADCASTING, MARKETING--MANAGEMENT, ACTION RESEARCH
Subjects: 300 Social sciences > 384 Communications > 384.5 Wireless communication > 384.54 Radiobroadcasting
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:04
Last Modified: 05 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171553
[thumbnail of Hapsari Dian Sylvatri.pdf]
Preview
Text
Hapsari Dian Sylvatri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item