Strategi Kilisuci Televisi (KSTV) dalam Menegakkan Eksistensi Sebagai Televisi Lokal di Kota Kediri

Maulana, Dimas Candra (2019) Strategi Kilisuci Televisi (KSTV) dalam Menegakkan Eksistensi Sebagai Televisi Lokal di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KSTV adalah salah satu stasiun televisi lokal Kediri di bawah naungan PT. Kediri Global Mediatama. Berdirinya KSTV telah melalui proses pemikiran dan pertimbangan yang matang, yang menjadikannya memiliki dasar yang kuat dalam melangkah. KSTV yang merupakan TV swasta lokal di Kediri dan mempunyai motto Informatif, Aktual dan Terkini, memulai jam siarannya pada pukul 06.00 sampai 23.05 WIB. KSTV memilih segmen sebagai TV informasi berkonten lokal. Artinya, KSTV lebih mengedepankan informasi sebagai nilai jualnya. Informasi tersebut dikemas dalam bermacam-macam format. Teori ekologi media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler mengenai eksistensi media, yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensi atau kelangsungan hidupnya sebuah media memerlukan sumber penunjang hidup yakni, content, audience, capital. Sehingga, untuk mengetahui bagaimana strategi KSTV dalam mempertahankan eksistensi dan rating sebagai TV lokal kota dan kabupaten Kediri, adalah dengan menganalisis bagaimana strategi KSTV dalam memperoleh sumber penunjang kehidupannya sebagai media elektronik sebagaimana yang dijelaskan oleh Dimmick dan Rothenbuhler. Dengan demikian metodelogi yang digunakakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara. KSTV memperkuat strateginya dalam meraih content,audiencedan capital. Strategi yang dilakukan oleh KSTV diantara lain adalah: 1) Melakukan strategi program TV (melakukan perencanaan program, melalukan survei minat dan kebutuhan audien, Menayangkan program konten lokal lebih banyak dan lebih lama, serta berkolaborasi dengan media lokal lain dalam produksi dan menayangkan program, penempatan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, serta melakukan pengawasan evaluasi program), 2) Melakukan segmentasi, targetting, dan positioning dalam merebut pasar audien, 3) Pemanfaatan teknologi internet (media baru), 4) Menggiring Persepsi Audience melaui Image dan Tagline, 5)Strategi Pemasaran pada Proses Pemasaran Program KSTV.

English Abstract

KSTV is one of the local television stations in Kediri under the auspices of PT. Kediri Global Mediatama. The establishment of KSTV has gone through a process of thought and consideration that has made it have a strong foundation in moving. KSTV which is a local private TV in Kediri and has an Informative, Actual and Latest motto, starts its broadcast hours at 06.00 A.M to 23.05 P.M. KSTV chooses segments as local information TV. This means that KSTV prioritizes information as its selling value. This information is packaged in various formats. The media ecological theory by Dimmick and Rohtenbuhler regarding the existence of the media, which reveals that to maintain the existence or survival of a media requires a living source of support, namely, content, audience, capital. So, to find out how KSTV's strategy in maintaining its existence and rating as a local TV in the city and district of Kediri, is to analyze how KSTV's strategy in obtaining life-supporting resources as electronic media as described by Dimmick and Rothenbuhler. Thus the methodology used is qualitative with data collection in the form of interviews. KSTV strengthens its strategy in achieving content, audiences and capital. The strategies carried out by KSTV include: 1) Conducting TV program strategies (planning programs, conducting surveys of interest and needs of audiences, airing more and longer local content programs, and collaborating with other local media in production and broadcasting programs, placements program schedules that are in accordance with the habits of the audience, as well as monitoring program evaluation), 2) segmenting, targeting and positioning in capturing the audience market, 3) Utilizing internet technology (new media), 4) herding Perception of Audience through Image and Tagline, 5 ) Marketing Strategy in the Marketing Process of the KSTV Program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/694/051905540
Uncontrolled Keywords: Televisi Lokal, Strategi KSTV, ekologi media, eksistensi, studi wawancara.-Local Television, KSTV Strategy, media ecology, existence, interview studies.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Oct 2020 15:13
Last Modified: 16 Oct 2020 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171548
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item