Relasi Antara Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT), Dinas Sosial Kota Malang dan Anak Jalanan dalam Program Pemberdayaan Anak Jalanan di Kota Malang (Studi Pada Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dan Dinas Sosial Kota Malang)

Wulansari, Anita Tri (2019) Relasi Antara Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT), Dinas Sosial Kota Malang dan Anak Jalanan dalam Program Pemberdayaan Anak Jalanan di Kota Malang (Studi Pada Lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) dan Dinas Sosial Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis relasi atau hubungan antara lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT), Dinas Sosial Kota Malang dan anak jalanan dalam program pemberdayaan anak jalanan di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Peter M. Blau mengenai pertukaran sosial. Peneliti menganalisis hubungan timbal balik yang terbentuk antara lembaga Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT), Dinas Sosial Kota Malang dan anak jalanan dalam program pemberdayaan anak jalanan karena adanya cost dan reward yang muncul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan timbal balik yang terbentuk antara kedua lembaga tersebut dan anak jalanan. Hubungan tersebut termasuk ke dalam hubungan timbal balik karena terdapat cost dan reward. Cost merupakan beban yang harus dibayarkan oleh seseorang untuk membuat orang lain tertarik. Dalam hal ini Dinas Sosial Kota Malang memberikan rekomendasi pelatihan dan bantuan berupa kepengurusan administrasi kepada anak jalanan yang terdapat di Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur sedangkan cost yang dikeluarkan oleh Jaringan Kemanusiaan Jawa Timur (JKJT) kepada anak jalanan adalah pemberian alat serta pelatihan. Anak jalanan dalam hal ini juga mengeluarkan cost yang berupa pengorbanan waktu. Reward yang didapatkan dari cost yang telah dikeluarkan oleh Dinas Sosial dan JKJT adalah berupa reward intrinsic yaitu sama-sama mendapatkan pengakuan dan kehormatan sebagai lembaga yang menangani permasalahan anak jalanan yang terdapat di Kota Malang, sedangkan reward yang diperoleh anak jalanan adalah berupa reward intrinsic dan reward ekstrinsik. Reward intrinsic yang didapatkan adalah anak jalanan dapat terlepas dari kehidupan mereka di jalanan dan reward ekstrinsik yang didapat adalah modal usaha serta ketrampilan.

English Abstract

The purpose of this research is to understand and analyse the relationship between the Humanitarian Network East Java (JKJT), Social Agency of Malang and street children in a empowerment program of street children. This research using the theory by Peter M.Blau about social exchange. Researchers analyzing the mutual relations formed institute of Humanitarian Network East Java (JKJT) , Social Agencies of Malang and street children in a empowerment program of street children because of cost and rewards that appears. This research was used in the study the qualitative method with the kind of research descriptive. The result of this research shows that there is a reciprocal relation that forms between each institution jurisdiction and street children. Belonging to the relationship in a reciprocal relation because there were cost and rewards. Cost is a responsibility that must be paid by someone to make anyone else interested. In this case Social Agencies of Malang lead to any recommendations management training and assistance the form of a letter to street children that is in Humanitarian Network East Java (JKJT) meanwhile cost issued Humanitarian Network East Java (JKJT) to street children is the gift of an instrument and training. Street children in this case also released cost of sacrifice time. Rewards that be obtained by the cost that had spend case Social Agencies of Malang, and Humanitarian Network East Java (JKJT) is rewards intrinsic that is equally obtain the recognition and honor as an institution which handle problems street children who were found in the Malang city, while rewards obtained street children be rewards intrinsic and rewards extrinsic. Some intrinsic rewards that street children get can be detached from their lives on the street and the extrinsic reward obtained is capital businesses and skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/647/051905468
Uncontrolled Keywords: pertukaran sosial, cost, reward.-social exchange, reward, cost.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.4 Social interaction between groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:46
Last Modified: 21 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171517
[thumbnail of Anita Tri Wulansari.pdf]
Preview
Text
Anita Tri Wulansari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item