Evaluasi user experience pada social application mobile HAGO menggunakan metode enhanced cognitive walkthrough

Putra, Tri Andre Mahadika (2019) Evaluasi user experience pada social application mobile HAGO menggunakan metode enhanced cognitive walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengalaman pengguna atau user experience sangat penting dalam perkembangan pada suatu sistem terutama pada sistem yang baru saja rilis. HAGO adalah sebuah aplikasi permainan sosial mini yang terdiri dari berbagai macam tipe game yang seru dan menantang. Sejak diluncurkan di Playstore pada tanggal 23 Maret 2018, dalam beberapa bulan saja telah menduduki posisi pertama di “TOP FREE APPS” Playstore. Kesuksesan ini tidak jauh dari user experience yang diberikan oleh HAGO itu sendiri. Namun suatu sistem pasti memiliki beberapa masalah atau kendala yang didapati khususnya sistem yang baru rilis. Untuk menemukan masalah-masalah tersebut perlu diadakannya suatu evaluasi terutama pada bagian usability. Metode enhanced cognitive walkthrough merupakan salah satu metode evaluasi usability yang berdasarkan pada user experience. Metode ini akan memberikan skenario berupa rangkaian tugas-tugas yang akan dikerjakan dan 10 pertanyaaan mengenai tugas tersebut kepada evaluator. Metode ini biasa dipakai untuk sistem yang baru rilis dikarenakan dapat menggali lebih dalam proses kognitif pengguna saat mencoba suatu sistem baru. Evaluator yang berpatisipasi berjumlah 6 orang diantaranya 2 expert, 2 regular dan 2 novice. Hasil evaluasi pada aplikasi HAGO menunjukkan permasalahan masalah paling banyak terjadi pada tipe permasalahan hidden (H) pada fungsi-fungsi utama social application mobile HAGO. Rata-rata tingkat permasalahan yang muncul terdapat pada problem seriousness 2 dan 3 dan mempengaruhi penggunan fungsi utama pada aplikasi HAGO. Maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi HAGO cukup mudah dimainkan oleh penguna berpengalaman maupun baru. Tetapi pengguna baru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami aplikasi ini karena Tidak semua fitur pada aplikasi HAGO diberi keterangan atau dijelaskan maksud dan cara penggunaannya terutama pada fungsi permainan dan ruang obrolan

English Abstract

User experience is very important in the development of a system, especially in systems that have just been released. HAGO is a mini social game application that consists of various types of exciting and challenging games. Since its launch in Playstore on March 23, 2018, in just a few months it has occupied the first position in the "TOP FREE APPS" Playstore. This success is not far from the user experience provided by HAGO itself. But a system must have some problems or constraints that are found specifically for the newly released system. To find these problems, an evaluation is needed, especially in the usability section. The enhanced cognitive walkthrough method is one of the usability evaluation methods based on the user experience. This method will provide a scenario in the form of a series of tasks to be done and 10 questions about the task to the evaluator. This method is commonly used for newly released systems because it can dig deeper into the cognitive processes of users when trying out a new system. The participating evaluators were 6 people including 2 experts, 2 regular and 2 novice. The evaluation results on the HAGO application show that the most problem problems occur in the type of hidden problems (H) in the main functions of the mobile social application HAGO. The average level of problems that arise is in the problem seriousness 2 and 3 and affects the use of the main functions in the HAGO. So it can be concluded that the HAGO is quite easily played by experienced and new users. But new users need a long time to understand this application because not all features in the HAGO are given information or explained the intent and how to use it especially in the game and roomchat functions

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/340/051905658
Uncontrolled Keywords: HAGO, user experience, enhanced cognitive walkthrough, sistem, metode
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 24 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171483
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item