Evaluasi Playability Dengan Player Persona Menggunakan Metode Heuristic Evaluation of Playability (HEP) Pada Game Vainglory

Angkasa, Mochammad Naufal Rizky (2019) Evaluasi Playability Dengan Player Persona Menggunakan Metode Heuristic Evaluation of Playability (HEP) Pada Game Vainglory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Game Vainglory merupakan game Multi-player Online Battle Arena (MOBA) yang dirilis pada tanggal 28 Juli 2018 di platform PC yang sampai pada tanggal 26 Juni 2019 masih dalam tahap pengembangan atau masih berstatus Alpha. Playability adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kualitas permainan secara keseluruhan, yang mencakup kegunaan dan aspek dalam permainan, Playability adalah faktor penting ketika menentukan sukses atau tidaknya video game dalam memberikan pengalaman bermain game yang menarik untuk pemainnya, sehingga game ini perlu dilakukan evaluasi. Dalam penelitian ini, evaluasi diawali dengan melakukan pembuatan player persona, berdasarkan hasil wawancara secara langsung kepada 6 orang responden yang merupakan pemain dari game Vainglory, yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kategori responden saat bermain game Vainglory. Untuk dapat mengetahui aspek playability dari game Vainglory, maka dilakukan evaluasi yang menggunakan metode Heuristic Evaluation of Playability yang merupakan metode evaluasi yang dikhususkan untuk mengevaluasi permainan pada tahap pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan permasalahan playability yang ada di dalam game Vainglory. Evaluator yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 3 evaluator yang mempunyai kemampuan dalam pengembangan game dan 3 evaluator yang mempunyai pengalaman bermain game dengan genre serupa. Hasil evaluasi Playability pada game Vainglory menunjukkan hasil Severity Ratings yaitu Minor Usability Problem, permasalahan yang ditemukan pada game Vainglory berpotensi menyebabkan permasalahan atau gangguan pada pemain yang menyebabkan rasa pengalaman bermain atau pengalaman bermain pemain menjadi buruk.

English Abstract

The Vainglory game is a Multi-player Online Battle Arena (MOBA) game which was released on July 28, 2018 on the PC platform which until June 26, 2019 is still under development or Alpha status. Playability is a term used to describe the quality of the game as a whole, which includes uses and aspects of the game, Playability is an important factor when determining the success or failure of a video game in providing an interesting gaming experience for its players. In this study begins with making a player persona, by conducting interviews directly with 6 respondents who are players from the Vainglory game, which aims to determine the characteristics and categories of respondents when playing the Vainglory game. To be able to find out the playability aspects of the Vainglory game, an evaluation using the Heuristic Evaluation For Playability method is an evaluation method specifically devoted to evaluating the game at the development stage. This study aims to get playability problems in the Vainglory game. The evaluator used in this study was divided into two groups, namely 3 evaluators who had the ability to develop games and 3 evaluators who had experience playing games with similar genres. The results of the Playability evaluation in the Vainglory game show the results of Severity Ratings namely Minor Usability Problem, the problems found in the Vainglory game have the potential to cause problems or disruptions to players that cause a sense of playing experience or the player's playing experience to be bad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/262/051905580
Uncontrolled Keywords: Vainglory PC, Playability, Player Persona, Heuristic Evaluation of Playability, Severity Ratings
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:49
Last Modified: 24 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171477
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item