Evaluasi Program Pada Faktor Sumber Daya Manusia (studi pada Public Relations sebagai Pelaksana Program Pencegahan dan Penanggulangan P2 – HIV & AIDS Ditempat Kerja PT Indominco Mandiri)

Asizah, Amalia Nur (2019) Evaluasi Program Pada Faktor Sumber Daya Manusia (studi pada Public Relations sebagai Pelaksana Program Pencegahan dan Penanggulangan P2 – HIV & AIDS Ditempat Kerja PT Indominco Mandiri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan suatu program CSR terjadi karena berbagai faktor, salah satunya Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi yang mumpuni dibidangnya, namun pada kenyataanya di PT Indominco Mandiri, yang merupakan salah satu perusahaan tambang batubara terbesar di indonesia, sebagian besar Sumber Daya Manusia tidak berada dalam kompetensi yang mumpuni dalam bidang CSR. Pencapaian Community Relations Department terutama dalam bidang Corporate social responsibility untuk memenuhi tanggung jawab sosial sangatlah baik, pencapaian ini terbukti dengan penghargaan dan sertifikasi yang telah mereka raih dari tahun 2015-2017, sebagian besar Community Relations Officer tidak berlatar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi atau Ilmu Public Relations serta pengalaman yang kurang dalam bidang Corporate social responsibility. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisi faktor yang mempengaruhi keberhasilan program dilihat dari Sumber Daya Manusia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations di PT Indominco Mandiri menggunakan bantuan konsultan CSR dan mendapat bantuan berupa dampingan oleh Community Development PT ITM, yang merupakan induk perusahaan dari PT Indominco Mandiri. Public Relations di PT. Indominco Mandiri, merencanakan, dan menjalankan setiap detail kegiatan tahapan-tahapan perencanaan dengan sangat baik, terutama dalam proses pelaksanaanya, mereka berusahaan melibatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan presentase keberhasilan suatu program sekaligus untuk mencapai tujuan perusahaan yang menginginkan masyarakat mandiri (program Sustainbility)

English Abstract

The success of a CSR program comes at a variety of factors, one of the few human resources at its level of competency, but in fact, in PT Indominco Mandiri one of Indonesia's largest coal mining companies, most of human resources are not in the capable competence of CSR. The attainment of a community relations department especially in the corporate social responsibility to fulfill social responsibility is great, the achievement is evident with the appreciation and certification they have achieved from 2015-2017, a majority of the community relations officers have no background in communications or public relations education and a lack of experience with corporate social responsibility. So it is his aim to assemble a factor that affects the program's success through human resources. Data collected through in-depth interviews. The result of this study shows that public relations in PT Indominco Mandiri used the assistance of a CSR consultant and gained assistance from Community Development pt itm, which is the Main Company of PT Indominco Mandiri.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: DKR/FISIP/2019/482/051905313
Uncontrolled Keywords: Corporate social responsibility, Sumber Daya Manusia, dan Company, Corporate social responsibility, Public Relations, dan Company.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 659 Advertising and public relations > 659.2 Public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2020 11:56
Last Modified: 17 Oct 2020 11:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171426
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item