Pengaruh Emosi Moral Pride Dan Kekuatan Karakter Open Mindedness Pada Intensi Konsumsi Etis

Ramadhani, Intan Kurnia (2019) Pengaruh Emosi Moral Pride Dan Kekuatan Karakter Open Mindedness Pada Intensi Konsumsi Etis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Intensi konsumsi etis merupakan niat untuk melakukan pembelian berdasarkan hal-hal etika. Kekuatan karakter open mindedness dengan karakter yang dapat membentuk perilaku kebajikan diprediksi dapat berperan terhadap intensi konsumsi etis. Diketahui bahwa etika adalah mengenai karakter seseorang dalam berperilaku sesuai standar moral untuk pencapaian diri sebagai individu yang baik. Emosi moral pride (kebanggaan) diberikan kepada individu dengan kekuatan karakter open mindedness menghasilkan bahwa pride tidak berperan secara signifikan terhadap munculnya intensi konsumsi etis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan randomized controlled experiment dengan setting offline di Laboratorim FISIP Universitas Brawijaya melibatkan sampel sebanyak 93 partisipan dengan kriteria mahasiswa aktif FISIP Universitas Brawijaya. Partisipan terbagi menjadi dua kondisi (authentic pride dan hubristic pride). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi skenario pride yang diadaptasi oleh (Jiao, 2015), manipulation check menggunakan AHPS oleh ( Tracy & Robins, 2007), skala VIA-IS 24 Character Strengths (Seligman, Peterson, & Park, 2004), dan skala Ethical Consumer Behaviour (ECB) diukur untuk melihat intensi konsumsi etis yang diadaptasi oleh Toti & Moulins (2016). Berdasarkan hasil pengujian ANAKOVA menunjukkan bahwa (a) emosi moral pride tidak memiliki pengaruh terhadap intensi konsumsi etis dengan angka (Sig. .773), dan (b) emosi moral pride dan kekuatan karakter open mindedness tidak memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap intensi konsumsi etis dengan angka (Sig. .779).

English Abstract

Ethical consumption intention is the intention to make purchases based on ethical matters. The strength of the character of open mindedness with characters that can form virtuous behavior is predicted to play a role in the intention of ethical consumption.It is known that ethics is about the character of a person in behaving in accordance with moral standards to achieve himself as a good individual. Emotional moral pride is given to individuals with the power of open mindedness character and shows the results that the emotion of pride does not play a significant role in the emergence of ethical consumption intentions.This study uses quantitativeexperimental methods with research design using randomized controlled experiments of the type between subjects and offline settings in the FISIP UB Laboratory which involved a sample of 93 participants with the criteria from students of FISIP UB. Participants are divided into two conditions (authentic pride and hubristic pride). The research instruments used included pride scenarios adapted by (Jiao, 2015), manipulation checks using AHPS by (Tracy & Robins, 2007), VIA-IS scale 24 Character Strengths (Seligman, Peterson, & Park, 2004), and Ethical Consumer Behavior (ECB) is measured to see ethical consumption intentions adapted by Toti & Moulins (2016). Based on ANAKOVA test results show that (a) moral pride emotions do not have a role in ethical consumption intentions with numbers (Sig. 773), and (b) emotions of moral pride and strength of open minded characters do not play a joint role in ethical consumption intentions with numbers ( Sig. 779

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: DKR/FISIP/2019/480/051905312
Uncontrolled Keywords: Konsumsi etis, emosi moral pride, open mindedness, intensi,Ethical consumption, emotional morality, pride, open mindedness, ethical behavior.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:17
Last Modified: 07 Oct 2020 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171423
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item