Diskriminasi Terhadap Female Gamers (Studi Deskriptif Pada Gamer Perempuan Dalam Game Online)

Wiguna, Ridzani Feggy (2019) Diskriminasi Terhadap Female Gamers (Studi Deskriptif Pada Gamer Perempuan Dalam Game Online). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana bentuk diskriminasi terjadi pada female gamers. Dimana ranah game online sangat erat sekali kaitannya dengan laki-laki. Mulai dari industri yang menempatkan laki-laki sebagai mangsa utama dalam pasar mereka. Juga pada pemain game online atau biasa dikenal dengan sebutan gamers, pada umumnya selalu diidentikan dengan remaja laki-laki. meskipun pada kenyataannya tidak sedikit perempuan yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama pada game online, tetap saja game online dianggap sebagai “mainan laki-laki”. Sehingga membuat female gamers banyak mendapat perlakuan tidak adil karena gender mereka sebagai perempuan. Hal tersebut lantas melahirkan diskriminasi dalam bentuk diskriminasi gender terhadap female gamers. Penelitian ini menggunakan konsep gender dan ketidakadilan gender yang menyatakan beberapa bentuk ketidakadilan gender seperti marginalisasi, subordinasi, stereotip, dan kekerasan seksual, sebagai landasan untuk menggambarkan dan mengungkap bagaimana bentuk diskriminasi terjadi dan dialami oleh female gamers. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan penetapan informan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat diskriminasi terhadap female gamers dalam bentuk diskriminasi gender, yang mereka alami dalam dunia game online. Bentuk diskriminasi gender tersebut terjadi akibat adanya ketidakadilan gender berupa marginalisasi yang meminggirkan keberadaan female gamers dalam game, subordinasi yang menomorduakan female gamers dalam game dan menempatkan mereka pada posisi yang kurang begitu penting, stereotip yang merupakan pelabelan negatif seperti perempuan yang dipandang lemah melekat pada diri female gamers dalam game, dan kekerasan seksual yang lebih mengarah pada kekerasan verbal berupa pelecehan yang diterima female gamers dalam game. Akan tetapi, adanya persoalan tersebut tidak menghentikan mereka menjalani hobi sebagai gamer, dan justru menantang status quo yang ada dalam game online dengan tetap bermain meski diberlakukan secara tidak adil

English Abstract

This study discusses about how the forms of discrimination occurs on female gamers. Where the realm of online gaming is very closely related to men. Starting from the industry that puts men as the main prey in their market. Also on players online games or commonly known as gamers, generally always identified with teenage boys. Despite on the reality there is adequate number of women who have the same interest in online gaming, online game is still considered a "boy toys". Thus making female gamers a lot of unjust treatment because of their gender as a woman. It is thus giving birth to discrimination in the form of gender discrimination against female gamers. This research uses gender and gender inequity concept which express several issues forms of gender inequality such as marginalization, subordination, stereotypes, and sexual violence, as a basis for describing and revealing how form of discrimination occurs and experienced by female gamers. This research methods used are qualitative research methods with a descriptive approach. Data retrieval using interviews, observations and documentation. Informants were selected used purposive sampling methods. The results of this study reveal that there is discrimination against female gamers in the form of gender discrimination, which they experienced in online gaming. The forms of gender discrimination occurs due to gender inequality in the form of marginalization, which is marginalize presence of female gamers in the game, subordination which is placed them into secondary position in the game and put them in a less so important position, stereotypes that constitute negative labeling like women who are considered weak attached to female gamers in the game, and sexual abuse leads to verbal violence in the form of harassment on virtual world and assaulting their mental received female gamers in the game. However, the existence of these problems does not stop them from undergoing their hobbies as gamers, and actually challenges the status quo that exists in online games by continuing to play despite being treated unfairly

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/472/051905303
Uncontrolled Keywords: Female gamers, gamer, game online, ketidakadilan gender, Female gamers, gamer, game online, gender inequity.
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.8 Other groups of people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Oct 2020 03:28
Last Modified: 17 Feb 2022 01:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171396
[thumbnail of Ridzani Feggy Wiguna (2).pdf]
Preview
Text
Ridzani Feggy Wiguna (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item