Political Branding Perempun dalam Pemilihan Gubernur (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Calon Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah Dalam Pemilihan Gubernur NTB Tahun 2018 di Kabupaten Lombok Timur)

Setiawan, Lalu Galih (2019) Political Branding Perempun dalam Pemilihan Gubernur (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Calon Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalillah Dalam Pemilihan Gubernur NTB Tahun 2018 di Kabupaten Lombok Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami political branding yang dilakukan oleh SRD dalam pemilihan gubernur di NTB, mengetahui faktor di luar political branding yang menentukan kemenangan Zul-Rohmi, dan membandingkan efektivitas political branding dengan faktor lain di luar political branding tersebut. Hal ini menarik dibahas karena SRD merupakan satu-satunya calon perempuan yang ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur di NTB dan satu-satunya calon yang membawa isu kesetaraan gender. Selain itu SRD di anggap menjadi kunci kemenanagan dari pasangan Zul-Rohmi karena SRD dianggap bisa meraup suara pemilih perempuan NTB yang jumlahnya lebih dari setengah DPT. Hadirnya SRD membawa sejarah baru dalam tonggak kepemimpinan di NTB karena SRD menjadi satu-satunya pemimpin perempuan yang telah memimpin NTB walaupun sebagai wakil gubernur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa SRD di branding sebagai sosok perempuan yang akan memperjuangkan kepentingan perempuan NTB. Hal ini dilakukan secara berbeda di pedesaan dengan perkotaan. Di pedesaan SRD menyampaikan program-program yang menguntungkan perempuan sementara di perkotaan SRD bicara tentang kesetaraan gender. Dalam poster SRD juga digambarkan sebagai perempuan yang berhijab hijau pilihan perempuan NTB. Bahkan dalam debat antar calon SRD beberapa kali menutup debat dengan ajakan untuk perempuan NTB untuk memilih dirinya. Namun di luar political branding ini ada juga faktor lain yang menentukan kemenangan Zul-Rohmi. Setidaknya ada dua faktor yang menentukan kemenangan pasangan ini yaitu TGB effect dan dukungan dari Ormas NW. Dua faktor ini sangat besar pengaruhnya mengingat NW sendiri merupakan salah satu penentu peralihan kekuasaan di NTB. Penelitian ini bahkan menemukan faktor lain ini menjadi faktor yang paling dominan dalam menentukan kemenangan Zul-Rohmi dan bukan political branding yang dilakukan

English Abstract

This research aim to understand the political branding which use by SRD in governor election in NTB, to know the factor in outer part of political branding which determine victory of Zul-Rohmi, furthermore, to appeal the effectiveness of the political branding with other factor in outer part of that political branding. This topic is unique to investigate because SRD is one of female candidate which bring helty gender issue. And then, SRD is considered the key victory Zul-Rohmi partner becaouse SRD that considered able to reap women’s votes in NTB which the number more than half DPT. The presence of SRD brougth new hisstory to the leadership milestone in NTB because SRD was the only female leader who had led NTB even though the deputy governor. This research use descriptive method and it use qualitative method. This research found that SRD was branding as a female figure who would fight for the interests of NTB women. This is done differently in rural and urban area. In rural areas SRD delivers programs that benefit temporary women while in urban area SRD talks about gender equality. And also in her poster also people always call her the women used green hijab or NTB’s women choise. Furthermore, in her debate between candidate SRD closed the debate several times with calls for NTB women to vote her. But, in outer part of this political branding there is other factor which determide victory of Zul-Rohmi. There are two factor which determide victory this couple does are TGB effect and support from NW’s organization. Both factor is very big influence to remember NW is one of the determines change power in NTB. This research found the other factor and this factor can be dominant in determines the victory of Zul-Rohmi and not political branding they are do.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/668/051905514
Uncontrolled Keywords: Political Branding, Pemilih Perempuan, Pemilihan Gubernur NTB.-Political branding, Female Election, NTB’s Governor Election
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.9 History and geographic treatment of elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2020 12:19
Last Modified: 21 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171394
[thumbnail of Lalu Galih Setiawan.pdf]
Preview
Text
Lalu Galih Setiawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item