Pengaruh Alat Peraga Kampanye Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula (Studi Pada Pemilih Pemula Di Dapil 3 Kota Batu Kecamatan Junrejo Pada Pemilu Tahun 2019)

Fauzia, Sophia Syifa (2019) Pengaruh Alat Peraga Kampanye Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula (Studi Pada Pemilih Pemula Di Dapil 3 Kota Batu Kecamatan Junrejo Pada Pemilu Tahun 2019). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilu merupakan sebuah bentuk kedaulatan rakyat dalam partisipasi poitik, didalam proses pemilu terdapat tahapan kampanye para calon wakil rakyat yang menjadi pesertanya menggunakan beragam macam Alat Peraga Kampanye. Pada pelaksanaan pemilu, pemilih menjadi sebuah elemen inti dalam terjalannya sebuah pemilihan yang demokratis, dalam hal ini pemilih pemula yang merupakan pemilih muda akan memberikan suara untuk pertama kali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Alat Peraga Kampanye terhadap partisipasi pemlih pemula dalam pemilu 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA, atau sering juga disebut dengan A-A Procedure (from attention to action procedure). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Junrejo Kota Batu dengan usia 17 hingga 21 tahun, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Berdasarkan uji Alat Peraga Kampanye mempengaruhi 34,1% partisipasi politik pemilih pemula di Kecamatan Junrejo Kota Batu, dan sisanya 65,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah semakin menariknya Alat Peraga Kampanye, maka akan meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula.

English Abstract

Elections are a form of popular sovereignty in political participation, in the electoral process there are campaign stages for prospective representatives using various kinds of Campaign Props. In the conduct of elections, voters become a core element in the running of a democratic election, in this case the young voters who are novice voters will vote for the first time. The purpose of this study was to determine the effect of the Campaign Props on novice voters participation in the 2019 election. The theory used in this study was the AIDDA theory, or often also called the A-A Procedure (from attention to action procedure). The population in this study was the community of the Sub-District of Junrejo, Batu City with the age of 17 to 21 years, and total sample of 100 respondents. The approach in this study uses a quantitative method, with a simple random sampling technique. Based on the test of the Campaign Props affecting 34.1% of the political participation of novice voters in the Junrejo Sub-District of Batu City, and the remaining 65.9% was influenced by other factors that not discussed in this study. The results of this study are the increasingly attractive Campaign Props, will increase political participation of beginner voters

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/.2019/465/051905296
Uncontrolled Keywords: Pemilu, Pemilih pemula, Partisipasi Politik, Alat Peraga Kampanye, Election, Novice Voters, Political Participation, Campaign Props
Subjects: 300 Social sciences > 323 Civil and political rights > 323.04 Citizen participation; resistance, repression, persecution
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:22
Last Modified: 05 Aug 2020 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171358
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item