Studi Fenomenolgi Pengalaman Perawat Dalam Penerapan Manajemen Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Pada Pasien Sindrom Koroner Akut di IGD Puskesmas Turen Kabupaten Malang.

Wijayanti, Dini Prastyo (2018) Studi Fenomenolgi Pengalaman Perawat Dalam Penerapan Manajemen Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat Pada Pasien Sindrom Koroner Akut di IGD Puskesmas Turen Kabupaten Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sindrom koroner akut merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Strategi pencegahan primer berfokus untuk menurunkan angka kejadian serangan akut dan intervensi yang diberikan dapat mengurangi resiko penyebaran penyakit. Sedangkan strategi kuratif untuk menurunkan angka kecacatan dan kematian. Kasus SKA banyak mengalami kematian , indikator penting pelayanan keperawatan gawat darurat yaitu pengalaman perawat dalam memberikan pelayanan gawat darurat, pengetahuan, sarana dan suplai yang cukup, serta pelatihan tentang penanganan situasi kegawatan. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi pengalaman perawat pada penerapan pelayanan SKA di IGD Puskesmas Turen. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 8 partisipan dengan menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dengan wawancara mendalam dengan panduan wawancara semistructured. Data yang didapatkan dengan menggunakan proses analisa Braun and Clark yaitu enam tahapan (1) mengenal data, (2) membuat kode/kata kunci, (3) mencari tema , (4) mereview tema, (5) mendefinisikan tema , (6) menuliskan hasil akhir analisa. Penelitian ini menghasilkan sembilan tema berhasil didapatkan dari 8 partisipan, yaitu: Tuntutan pihak luar dan kondisi lapangan sebagai stimulus peningkatan kualitas, memaksimalkan sumber daya yang ada, komitmen perawat mempermudah dalam pengorganisasian, perawat merasa tidak menjalankan peran yang ideal, ketergantungan perawat terhadap dokter dalam pelaksanaan pelayanan, Keharmonisan tim dalam komunikasi, tantangan dalam menyelesaikan masalah klasik, hambatan dalam penyelamatan pasien, keterlibatan emosi perawat. Perawat berusaha memenuhi agar pelayanan primer bisa berjalan dengan baik. Perawat membutuhkan apresiasi atas usaha yang sudah dilakukan dengan keterbatasan fasilitas dan sarana prasarana di puskesmas perifer. Pembuat kebijakan harus mengembangkan asuhan keperawatan gawat darurat dan program sistem rujukan dengan inovasi tekonologi dalam komunikasi yaitu rekam medis elektronik, edukasi keluarga dan penyediaan sarana dan prasarana dan fasilitas serta membangun jejaring yang sistematis pada sistem rujukan sehingga tidak terjadi penundaan agar bisa menjadi pelayanan kesehatan tingkat pertama yang diandalkan oleh masyarakat.

English Abstract

Acute coronary syndrome is the leading cause of death in the world. Primary prevention strategy focuses on the frequency of acute attacks on reduction and intervention provided to reduce the risk of disease spread. While the curative strategy to reduce the number of disability and death. SKA cases have many deaths, an important indicator of emergency care, namely the nursing experience in providing emergency services, knowledge, adequate facilities and tools, and emergency response training. This research aimed at exploring the experience of nurses on the application treating ACS services at the IGD of the Turen Health Center. Research was a qualitative research with a descriptive phenomenological approach. Sampling technique in this research is targeted sampling of 8 participants. Acquisition of data through detailed interview with a semi-structured interview guide. The data obtained through the Braun and Clark analysis process are six levels (1) that identify data, (2) generate code / keywords, (3) find topics, (4) review topics, (5) define topics, (6) Write down the final result of the analysis. This research produced nine topics successfully received by 8 participants, namely: Outsider requirements and field conditions as a stimulus to improve quality, maximize existing resources, facilitate nurse commitments in the organization, nurses do not feel the ideal role, nurses depend on physicians in the implementation Service, team harmony in communication, challenges in solving classic problems, barriers to patient rescue, emotional involvement of caregivers. Nurses try to ensure that primary care works well. Nurses need to appreciate the efforts made with limited facilities and facilities in peripheral health centers. Policymakers should develop emergency care and referral systems programs with technological innovations in communication, such as electronic medical records, family education and provision of facilities and infrastructure, and set up a systematic network of referral systems so that there is no delay to a primary health care service to society supports.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/616.123 023 1/WIJ/s/2018/041807160
Uncontrolled Keywords: CORONARY CARE--MEDICINE
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.12 Diseases of heart > 616.123 Coronary diseases (Ischemic heart diseases) > 616.123 023 1 Coronary heart disease--Nursing
Divisions: S2/S3 > Magister Keperawatan, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:49
Last Modified: 14 Aug 2019 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171355
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item