Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup Pengguna Vapor Hexohm Pada Komunitas Hexohm Malang (Studi Deskriptif Pada Pengguna Vapor Hexohm Di Komunitas Hexohm Malang)

Narenda, Brian (2019) Perilaku Konsumtif Dan Gaya Hidup Pengguna Vapor Hexohm Pada Komunitas Hexohm Malang (Studi Deskriptif Pada Pengguna Vapor Hexohm Di Komunitas Hexohm Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi pada vapor Hexohm oleh informan sebagai aktivitas dalam menunjang hobinya. Hexohm merupakan salah satu produk vapor yang dianggap bergengsi dan memiliki harga yang relatif tinggi. Harga yang relatif tinggi tersebut membentuk perilaku konsumtif pada anggota komunitas Hexohm Malang dan gaya hidup pada komunitasnya. Penelitian ini menggunakan teori Jean-Paul Baudrillard mengenai masyarakat konsumsi untuk menjelaskan bentuk-bentuk tindakan konsumsi nilai guna dan nilai tanda pada komoditas yang dikonsumsi oleh informan dalam Komunitas Hexohm Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya aspek perilaku konsumsi atas nilai guna dan nilai tanda yang terbentuk melalui proses simulasi yang menghasilkan nilai semu pada komoditas tersebut sebagai penunjang hobi informan melalui aktivitas dan kegiatan yang dilakukan informan tidak terlepas dari kegiatan konsumsi.

English Abstract

This study aims to determine how the consumption behavior of Vapor Hexohm by informants as an activity in supporting his hobby. Hexohm is one of the vapor products that is considered prestigious and has a relatively high price. The relatively high prices form consumptive behavior in members of the Hexohm Malang community and lifestyle in the community. This study uses Jean-Paul Baudrillard's theory of consumption society to explain the forms of consumption of sign values carried out by members in the Hexohm Malang Community. The method used in this study is descriptive qualitative. The results of the study show that the existence of aspects of consumption behavior on value and sign values formed through a simulation process that produces false values on these commodities as supporting informants' hobbies through activities and activities carried out by informants cannot be separated from consumption activities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/.2019/496/051905327
Uncontrolled Keywords: Konsumsi, Gaya Hidup, Hexohm, Hexohm Malang, Simulasi, Consumption, Lifestyle, Hexohm, Hexohm Malang, Simulation.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2020 14:07
Last Modified: 29 Oct 2020 14:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171344
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item