Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSI Unisma Malang

Damayanti, Yulia (2017) Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSI Unisma Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya angka BOR (Bed Occupancy Rate) RSI Unisma selama 3 tahun terakhir masih di bawah nilai standar yang ditetapkan Depkes RI (2005). Hal ini mengindikasikan bahwa pemilihan pasien terhadap rawat inap di RSI Unisma masih rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya pemilihan fasilitas pelayanan kesehatan salah satunya adalah dengan pemasaran. Experiential marketing merupakan salah satu dari komponen pemasaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pasien, serta mengetahui dimensi dari experiential marketing yang memiliki pengaruh paling dominan. Responden dalam peneltian yang berdesain cross sectional ini adalah pasien rawat inap RS1 Unisma semua kelas kecuali kelas WIP sejumlah 197 orang. Pada penelitian ini menggunakan experiential marketing sebagai variabel independen, kepuasan dan loyalitas pasien sebagai variabel dependen dengan kuesioner sebagai instrumennya. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, experiential marketing tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap loyalitas tetapi melalui kepuasan pasien terlebih dahulu. Dimensi yang paling dominan dari experiential marketing dalam menciptakan kepuasan pasien adalah dimensi relate.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/DAM/p/2017/041711343
Uncontrolled Keywords: BRANDING (MARKETING), CORPORATE IMAGE, CONSUMER BEHAVIOR, CONSUMER SATISFACTION, CUSTOMER LOYALTY, HOSPITAL PATIENTS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:31
Last Modified: 13 Aug 2019 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171308
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item