Uji Toksisitas Sub Kronik Ganoderma lucidum pada Jantung Dalam Upaya Pengembangan Pengobatan Penyakit Jantung Aterosklerosis

Bakhri, Samsul (2017) Uji Toksisitas Sub Kronik Ganoderma lucidum pada Jantung Dalam Upaya Pengembangan Pengobatan Penyakit Jantung Aterosklerosis. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atherosclerosis mendapat banyak perhatian terkait pasien dengan penyakit jantung dan dyslipidemia. Sebagian besar penelitian sebelumnya dilakukan pada aterosklerosis dimana akar penyebabnya kadar kolesterol darah yang tinggi. Studi yang baru, menilai respons kekebalan tubuh dan inflamasi sebagai faktor yang sangat penting pada proses aterosklerosis. Studi terbaru ini telah menunjukkan respons inflamasi pada proses aterosklerosis. Bukti yang meyakinkan menunjukkan bahwa inflamasi merupakan kontributor utama aterogenesis. Lesi aterosklerotik menunjukkan ciri peradangan khas seperti yang ditemukan pada inflamasi dan penyakit kekebalan tubuh lainnya seperti rheumatoid arthritis. Data eksperimen dan hasil uji klinis telah diidentifikasi berbagai faktor resiko termasuk hiperkolesterolemia, obesitas dan infeksi dengan biomarker inflamasi seperti protein C-reaktif dan Interleukin-18 dikaitkan dengan aterosklerosis. Pemberian statin pada penderita hiperlipidemia menghasilkan penurunan lemak darah yang signifikan juga menurunkan konsentrasi CRP yang cukup besar, sebagai suatu indikasi bahwa gen proinflammatory sedang ditekan. Pengetahuan yang kita miliki tentang aterosklerosis, akan semakin memudahkan untuk mencegah atau menyembuhkannya. Ganoderma lucidum dengan kandungan triterpenoid dan polisakarida serta memiliki kandungan bioaktif 3-glucan. Triterpenoid telah dilaporkan memiliki efek anti-hipertensi, hipokolesterolemik dan anti-angiogenic, efek pada agregasi platelet dan inhibisi komplemen. Polisakarida, terutama R-glucans, telah diketahui memiliki efek anti-tumor melalui imunomodulasi dan antiangiogenesis. Selain itu, polisakarida memiliki efek perlindungan terhadap radikal bebas yang berperan pada inflamasi. Kata kunci: Ganoderma lucidum, inflamasi, aterosklerosis, penyakit kardiovaskular.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/615.329 6/BAK/u/2017/041705270
Uncontrolled Keywords: GANODERMA LUCIDUM, GANODERMA LUCIDUM--THERAPEUTIC USE, MUSHROOMS--THERAPEUTIC USE, HEART--DISEASES
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.3 Organics drugs > 615.32 Drugs derived from plants and mikroorganisms > 615.329 6 Drugs derived from mikroorganisms, fungi, algae (Mushrooms)
Divisions: Profesi Kedokteran > Spesialis Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:45
Last Modified: 14 Aug 2019 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171296
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item