Rasionalitas Penambang Belerang (Studi Fenomenologi Pada Penambang Belerang Di Gunung Welirang Yang Bertahan Dengan Pekerjaannya Dalam Berbagai Resiko)

Marzuki, Ahmed El Jabar (2019) Rasionalitas Penambang Belerang (Studi Fenomenologi Pada Penambang Belerang Di Gunung Welirang Yang Bertahan Dengan Pekerjaannya Dalam Berbagai Resiko). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rasionalitas penambang belerang yang masih bertahan sebagai penambang belerang dalam berbagai resiko di Gunung Welirang, Kabupaten Pasuruan, dalam berbagai resiko. Bekerja di gunung sebagai penambang belerang memiliki berbagai resiko. Resiko kesehatan, resiko kecelakaan kerja, resiko yang muncul karena faktor alam, hingga resiko kematian. Tentunya, ada pilihan-pilihan rasional yang mendasari penambang belerang memilih tetap bekerja di sana. Pilihan rasional yang dikemukakan oleh James S Coleman menjadi alat analisis untuk melihat permasalahan yang terjadi. Coleman menyatakan dalam pilihan rasional, terdapat dua kunci utama: aktor dan sumber daya. Sebagai cara untuk mencapai tujuannya, aktor berusaha memaksimalkan sumber daya yang dimiliki maupun yang dimiliki oleh aktor lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Kesimpulan didapatkan dari penelitian ini adalah, penambang belerang yang memilih bertahan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Rasionalitas yang dilakukan sebagai bentuk tetap memilih bekerja sebagai penambang adalah: Meminimalisir pengeluaran lewat sumber daya yang dimiliki, berjualan di Gunung Welirang kepada pendaki untuk menambah pemasukan dan bekerjasama dengan koperasi belerang dan penambang lain.

English Abstract

This study discusses about rasionality of sulphur miners who still maintained the employment as miners in Various Risk, on Welirang Mountain, Pasuruan Regency. Worked on mountain as sulphur miners have various risk. The health risk, the risk because of accident, the risk that arises because of nature factors, until the risk of death. Of course, There are rational choices that underlying sulphur miners who still worked there to stayed there. The rational choice theory put forward by James S Coleman was a part of an analysis in order to see the problems that happened. Coleman said that in rational choice, there are two main key: actor and resources. As a way to achieved their goal, actor has tried to maximized the resources which owned or owned by other actors. This study used qualitative method and phenomenological aprroach. The conclusion in this study is, sulphur miners who maintained the employment as miners are to supports their economical needs. The rationality done as a fixed form worked as sulphur miners are: minimalized their outcome from resources that they have; worked as trader on Welirang Mountain to added revenue; and collaborated wih union and other sulphur miners.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/523/051905354
Uncontrolled Keywords: Rasionalitas, Penambang Belerang, Resiko, Rationality, Sulphur Miners, Risk
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.5 People by social and economic levels
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Oct 2020 08:47
Last Modified: 29 Oct 2020 08:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171248
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item