Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD)

Genias, Cerin (2019) Evaluasi dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang dengan Menggunakan Metode Human-Centered Design (HCD). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang (Dinkop Malang) merupakan instansi pemerintahan yang bergerak di bidang koperasi dan usaha mikro yang memiliki situs web untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, namun situs web yang ada perlu dilakukan perbaikan terhadap permasalahan yang ada pada situs web terkait tampilan antarmuka. Permasalahan-permasalahan tersebut diantaranya sidebar yang terlalu panjang, penataan konten yang tidak sesuai dengan informasi, penggunaan istilah yang kurang sesuai, dan penulisan yang terlalu kecil. Perbaikan dilakukan menggunakan metode Human Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan pengembangan sistem secara iteratif dengan mempertimbangkan manusia sebagai pusat dari kegiatannya sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. HCD memiliki empat tahap yaitu analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi, dan evaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian yaitu perbaikan rancangan antarmuka pengguna dan perbandingan capaian usability antara hasil evaluasi awal dengan evaluasi akhir. Pada hasil perbandingan pada aspek efektivitas didapatkan capaian 48% pada evaluasi awal menjadi 100% pada evaluasi akhir. Pada aspek efisiensi didapatan rata-rata waktu pengerjaan 130,6 detik pada evaluasi awal menjadi 36,91 detik pada evaluasi akhir. Apek kepuasan pengguna yang dinilai dengan menggunakan kuesioner WEBUSE juga mengalami peningkatan pada semua kategori. Kuesioner dipilih berdasarkan pertimbangan kuesioner dapat diandalkan dan mendapatkan tanggapan memuaskan dari pengguna. Pada desain awal didapatkan nilai pada kategori content, organization, and readability bernilai poor, kategori navigation and links bernilai moderate, kategori design user interface bernilai moderate, dan kategori performance and effectiveness bernilai poor menjadi kategori content, organization, and readability bernilai good, kategori navigation and links bernilai good, kategori design user interface bernilai good, dan kategori performance and effectiveness bernilai moderate pada desain akhir. Dari hasil perbandingan yang didapatkan, maka perbaikan rancangan antarmuka pengguna situs web Dinkop Malang mampu menjawab masalah yang ada pada desain awal.

English Abstract

Department of Cooperatives and Micro enterprises of Malang (Dinkop Malang) is a government agency engaged in cooperatives and micro businesses that have a website to spread information to the public, but existing websites need to be corrected for the problems that exist on the website related to the appearance of interface. These problems include sidebars that are too long, structuring content that is incompatible with information, using inappropriate terms, and writing that is too small. Improvements made using the Human Centered Design (HCD) method. HCD is an iterative approach to system development by considering humans as the center of their activities so that the results obtained are in accordance with the needs of the users. HCD has four stages, there are analysis the context of use, user requirements analysis, produce design solution, and evaluate the design solution. The results of the research is the improvement of the user interface design and comparison of usability achievements between the results of the initial evaluation and the final evaluation. The results of the comparison on the aspects of effectiveness obtained 48% achievement in the initial evaluation to 100% at the final evaluation. On the efficiency aspect, the average processing time is 130.6 seconds in the initial evaluation to 36.91 seconds at the final evaluation. The satisfaction of the users assessed using the WEBUSE questionnaire has also increased in all categories. Questionnaires were selected based on consideration of reliable questionnaires and received satisfactory responses from users. In the initial design values obtained in the content, organization, and readability categories is poor, the navigation and links category is moderate, the user interface design category is moderate, and the performance and effectiveness categories is poor, become the content, organization, and readability categories is good, navigation categories and links is good, the user interface design category is good, and the performance and effectiveness category is moderate in the final design. From the results of the comparison obtained, the improvement of the user interface design of Dinkop Malang website is able to answer the problems that exist in the initial design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/291/051905609
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2019 01:46
Last Modified: 05 Aug 2020 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171243
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item