Pembangunan Kakas Bantu untuk Memprediksi Failure Rate dari Perangkat Lunak Menggunakan Musa’s Algorithm

Fitriannora, Dindy (2019) Pembangunan Kakas Bantu untuk Memprediksi Failure Rate dari Perangkat Lunak Menggunakan Musa’s Algorithm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Siklus pengembangan perangkat lunak memiliki banyak fase dan sebuah perangkat lunak akan melalui salah satu dari fase-fase tersebut yaitu fase pengujian dimana unit dari program atau program akan diuji sebelum diberikan kepada klien untuk menjamin perangkat lunak sudah memiliki hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan yang telah didefinisikan dan setiap unit sudah sesuai spesifikasinya. Selain itu tujuan dari fase pengujian adalah menemukan cacat program sebelum digunakan. Akibat dari cacat program jika tidak ditemukan lebih awal adalah sistem mengalami crash, komputasi yang tidak benar dan korupsi data. Cacat program mengganggu tingkat kinerja dari suatu perangkat lunak dan juga menimbulkan perangkat lunak tidak memenuhi syarat-syarat kualitas program yang baik. Kemampuan suatu perangkat lunak untuk mempertahankan tingkat kinerjanya dalam kondisi yang ditentukan untuk periode yang ditentukan waktu disebut reliability. Pengukuran reliability perangkat lunak berpusat pada failures dan failure intensity dimana failure intensity merupakan angka terjadinya failure dalam periode waktu tertentu. Failure intensity dapat diketahui dari failure rate yang dapat diprediksi dengan banyak teknik yaitu salah satunya Musa’s algorithm yang dapat digunakan pada saat awal pengujian. Musa’s algorithm bekerja dengan menentukan kemungkinan dari LOC (Lines of Code) yang cacat akan dieksekusi dan cacat tersebut dapat menyebabkan fault. Algoritme ini diharapkan dapat menghasilkan prediksi failure rate pada permulaan pengujian sistem. Adanya sistem ini membantu pengembang perangkat lunak pada tahap testing untuk menemukan cacat pada program dan memperbaikinya sehingga menjamin reliability perangkat lunak yang dibangun memiliki kualitas yang baik. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman Java dan telah diuji menggunakan metode pengujian white box teknik pengujian basis path pada pengujian unit dan integrasi serta metode pengujian black box pada pengujian validasi. Sistem ini memiliki tingkat akurasi sebesar 100% dan durasi untuk melakukan perhitungan failure rate menggunakan sistem rata-rata 2000 kali lebih cepat dibandingkan dengan perhitungan manual.

English Abstract

Software development cycle has many phases and software will undergo one of these phases, namely testing phase where unit of program or program will be tested before being given to client to ensure software already has things that match the needs that have been defined and each unit is in accordance with its specifications. Moreover, the purpose of the testing phase is to find program defects before use. Result of program flaw if it isn’t found earlier is system crashes, improper computing and data corruption. Program defects interfere with level of performance of software and also cause software can’t has the requirements of good quality programs. Ability of software to maintain its performance level under specified condition for a time period is called reliability. Measurement of software reliability is centered on failures and failure intensity where failure intensity is the number of occurrences of failure in a certain time period. Failure intensity can be seen from predictable failure rates with many techniques, one of which is Musa's algorithm that can be used at the start of testing. Musa’s algorithm works by determining possibility of LOC that defects will be executed and the defect can cause fault. This algorithm is expected to produce predictions of failure rates at the start of testing. The existence of this system helps software developers in testing phase to find defects in the program and fix them to ensure software has good reliability. This system is built with the Java programming language and has been tested using the white box testing method basis path testing techniques on unit and integration testing and black box testing methods in validation testing. This system has accuracy rate of 100% and the duration to calculate the failure rate using system is an average of 2000 times faster than manual calculation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/242/051905560
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.2 Forecasting and forecasts
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:22
Last Modified: 05 Aug 2020 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171231
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item