Salsabila, Novia Fanny (2019) Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Messenger Menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus pada Aplikasi LINE dan WhatsApp). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mobile Messanger adalah aplikasi berkirim pesan yang memudahkan para penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain, salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna diseluruh dunia adalah aplikasi LINE dan WhatsApp. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk membandingkan kedua aplikasi tersebut dengan mengevaluasi bagaimana pengalaman pengguna dalam jangka panjang terhadap kedua aplikasi tersebut, mendeskripsikan tentang alasan mengapa kedua aplikasi tersebut menjadi aplikasi dengan pengguna aktif terbanyak dan hubungannya dengan user satisfaction and recommendation dengan menggunakan metode UX Curve. Pengumpulan data dalam metode UX Curve sendiri memiliki 3 tahapan yaitu Innitial Questionnaire, Curve Drawing Templates, dan Final Questionnaire. Penelitian ini menggunakan 20 responden dengan rentang umur 18-24 tahun. Dari pengumpulan data dihasilkan 200 kurva dengan 100 kurva untuk masing-masing aplikasi. 100 kurva tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 5 sudut pandang yaitu general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage dengan masing-masing 20 kurva. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan hingga membentuk grafik yang dikategorikan menjadi improving, deteriorating, dan stable sesuai dengan arah kurva. Dari aplikasi LINE dihasilkan total 27 kurva improving, 7 kurva deteriorating, dan 67 kurva stable. Sedangkan pada aplikasi WhatsApp dihasilkan total 8 kurva improving, 18 kurva deteriorating, dan 74 kurva stable. Selain itu, setiap alasan perubahan juga dihitung untuk mengukur apa saja alasan yang responden miliki untuk setiap kurva perubahan yang mereka gambar. Alasan tersebut terdiri dari alasan positif dan negatif yang kemudian dikategorikan ke dalam persepsi pragmatis dan hedonik, kedua aplikasi ini memiliki total 1024 alasan dari keseluruhan sudut pandang. Keterkaitannya dengan user satisfaction recommendation dilihat dengan menghubungkan sudut pandang attractiveness dan hasil final questionnaire, kepuasan pengguna disini dapat dilihat dengan bagaimana responden merekomendasikan kedua aplikasi kepada teman mereka. 3 dari 20 responden menjawab LINE secara serentak, sedangkan sisanya bergantung pada kebutuhan berkomunikasi apakah kebutuhan tersebut bersifat resmi atau sekaligus untuk bersenang-senang.
English Abstract
Mobile Messenger is a application to send a message which makes it easy for users to communicate with each other. Two of the applications that has a many users around the world is LINE and WhatsApp. This study aims to compare two mobile messanger applications for evaluating long-term user experience, to description of a reasons why this applications have many users around the world and how these reasons relate to user satisfaction and recommendation using UX Curve method. Data collection was conducted with UX Curve procedures that has a 3 steps: innitial questionnaire, curve drawing templates and final questionnaires. This study use 20 respondent in 18-24 years old. Data collected was produce 200 curves, 100 curves for each application, from the 100 curves the divided into 5 points of view; general UX, attractiveness, ease of use, utility, and degree of usage which 20 curves for each point of view. The curves then combined into a graph and categorized based trends of curve; improving, deteriorating and stable. For LINE application, they has a total 27 improving curves, 7 deteriorating curves, and 67 stable curves. And for WhatsApp application, they has a total 8 improving curves, 18 deteriorating curves and 74 stable curves. Other than that, the reasons of change counted for measure what are the changes of the curve they draw. The reasons consists of positive and negative, then categorized into pragmatic and hedonic perceptions. The applications has a total 1024 reasons for all of the points of view. The relation with user satisfaction and recommendation seen by connecting the attractiveness curve and results of final questionnaire. User satisfaction can be seen with how the users recommended the applications to their friends. 3 of 20 respondents choose LINE application for recommended to their friends, the rest answers that depends on their needs, is there formal needs only or for have fun too.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/296/051905614 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:48 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |