Pengembangan Aplikasi Autoplay dengan Konsep Context-Aware Menggunakan Spotify API Berbasis Android

Rachmandany, Rofy Firmansyah (2019) Pengembangan Aplikasi Autoplay dengan Konsep Context-Aware Menggunakan Spotify API Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perangkat smartphone adalah salah satu perangkat yang populer dan dibutuhkan oleh masyarakat. Smartphone dapat digunakan untuk banyak hal seperti mencatat, mengirim pesan secara real-time, melakukan streaming, dan sebagainya. Selain fitur-fitur tersebut, smartphone juga dilengkapi dengan sensor pendukung. Karena kemampuan yang ‘pintar’ dalam ukuran yang relatif kecil, smartphone menjadi perangkat yang berpotensi tinggi. Salah satu aplikasi yang memanfaatkan kecanggihan smartphone adalah Spotify. Spotify adalah salah satu aplikasi layanan streaming musik, podcast, dan video. Penggunaan Spotify dalam kegiatan sehari-hari sudah menjadi hal biasa. Kegiatan tersebut bisa bermacam-macam seperti berolahraga, berkendara, maupun bersantai sebelum tidur. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan Spotify. Aplikasi ini menggunakan activity recognition untuk melakukan trigger terhadap Spotify. Pengguna yang sering menggunakan Spotify dalam keseharian menjadi target dari penelitian ini. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode Object-Oriented (OO). Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan IDE Android Studio. Sedangkan pengujian pada aplikasi ini menggunakan metode Validasi, Compatibility, dan Usability. Pada Pengujian Validasi, seluruh fungsi pada aplikasi ini dapat berjalan dengan normal. Pada Pengujian Compatibility yang dilakukan pada 5 perangkat dengan versi Android yang berbeda, seluruh fungsi pada aplikasi ini dapat berjalan dengan normal. Pada Pengujian Usability, aplikasi ini menggunakan kuesioner dengan metode SUS (System Usability Scale). Berdasarkan hasil penelitian, hasil dari Pengujian Usability dengan melibatkan 10 (sepuluh) responden adalah sebesar 74.5%. Berdasarkan metode SUS, nilai tersebut termasuk dalam kategori “Baik” dan dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

Smartphone are the one of popular device and well-needed by people. Smartphone can be used for many things such as recording, sending messages in real-time, streaming, and many more. Besides those features, smartphone also equipped by supporting sensors. Because of those ‘smart’ capabilities within on small size, smartphone become highly potential device. One application that utilizes smartphone capabilities is Spotify. Spotify is an application for streaming music, podcasts, and video services. The use of Spotify in daily activities has become commonplace. Those activities are various like exercise, drive, or relax before bed. This study aims to produce a mobile application that can be used to maximize the use of Spotify. This application uses activity recognition to trigger Spotify. Users who frequently use Sotify in their daily lives are the target of this study. This design of this application uses the Object-Oriented (OO) method. This application is implemented by Java programming language and created by Android Studio IDE. The testing of this application uses Validation, Compatibility, and Usability method. In Validation Testing, all functions on this application can run normally. In Compatibility Testing performed on five devices with different Android version, all functions on this application can run normally. In Usability Testing, this application uses questionnaire with SUS (System Usability Scale) method. Based on the results of this study, the results of Usability Testing involved 10 (ten) respondents were 74.5%. Based on the SUS method, the value is included as “Good” category and can be accepted by the users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/306/051905624
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.75 Specific types of multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:48
Last Modified: 24 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171199
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item