Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Aplikasi Mobile Muslimnesia Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus pada PT.DOT INDONESIA

Primasari, Alfi Rochmah (2019) Evaluasi dan Perbaikan User Experience pada Aplikasi Mobile Muslimnesia Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus pada PT.DOT INDONESIA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi mobile Muslimnesia adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu umat Islam menjalani gaya hidup Islami yang dikembangkan oleh PT. DOT INDONESIA. Aplikasi ini belum pernah menjalani evaluasi user experience dan belum diketahui kesulitan ketika digunakan oleh pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan metode usability testing berdasakan aspeknya learnability, efficiency, satisfaction, untuk mengidentifikasi permasalahan usability dan user experience questionnaire (UEQ) untuk mengukur level usability dan user experience. Hasil evaluasi awal dengan UEQ berada pada level positif dan benchmarknya berada pada level above average untuk per skalanya (kecuali skala Stimulation dan Novelty berada pada level good) sedangkan usability testing untuk aspek learnability dikatakan baik dengan persentase 96%. Pada aspek efficiency, satisfaction menggunakan UEQ dengan skala efficiency rata-rata nilainya 1.420 berada pada level positif/good, aspek satisfaction termasuk konsep hedonic pada UEQ yang meliputi skala stimulation dan novelty. Skala stimulation rata-rata nilainya 1.430 dan skala novelty 1.140 untuk kedua skala berada pada level positif/good. Permasalahan yang ditemukan sebanyak 15 dan 17 rekomendasi untuk desain perbaikan. Evaluasi selanjutnya dengan desain perbaikan yang sudah dibuat menghasilkan peningkatan setiap skala UEQ tidak terlalu signifikan kecuali pada skala perspicuity yang cukup signifikan. Pada benchmark UEQ desain perbaikan mengalami peningkatan dari level above average menjadi level good per skalanya (kecuali pada skala Dependability di level above average dan skala Stimulation di level excellent). Pada usability testing aspek learnability sebesar 100% dan mengalami peningkatan 4%, aspek efficiency meningkat 6%. Aspek satisfaction meningkatkan skala stimulation 12% dan skala novelty 17%.

English Abstract

Muslimnesia Mobile App is an application made to help Muslims living the Islamic lifestyle and is developed by PT. DOT Indonesia. The application has never undergone a UX evaluation and difficulties from user’s perspective are yet to be discovered. This research is done with usability testing method based on its learnability, efficiency, and satisfaction aspects, to identify usability issues; and user experience questionnaire (UEQ) to measure usability level and user experience. Results on the initial evaluation by using UEQ shows the app is on the positive level and the benchmark is on the above average level for each of the scale (except for the stimulation and novelty scale that are on the good level), while the result in the usability testing for learnability aspect is good with 96% percentage. On efficiency and satisfaction aspect, tested by UEQ, resulted in average efficiency scale of 1420 and on a good level. Satisfaction aspect is a part of hedonic concept on UEQ which covers the scale of stimulation and novelty. Stimulation scale has the average score of 1430 and novelty scale has the average score of 1140, both scales are on the good/positive level. There are 15 issues found and there are 17 recommendations for design improvement. Next evaluation done to the improved design shows improvement on each UEQ scale, with perspicuity scale improved quite significantly. On the UEQ benchmark, the improved design shows improvement from above average level to the good level on each scale (except for dependability scale which on the above average level and stimulation scale on the excellent level). On usability testing, learnability aspect scores 100% with 4% improvement, efficiency aspect with 6% improvement. Satisfaction aspect improved simulation scale for 12% and novelty scale for 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/307/051905625
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:48
Last Modified: 24 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item