Tata Ventilasi Pada Ruang Kelas SDK Santa Maria 1 Malang

Pradnyasari, Ratih (2019) Tata Ventilasi Pada Ruang Kelas SDK Santa Maria 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SDK Santa Maria 1 Malang merupakan salah satu wadah dalam dunia pendidikan dasar untuk menuntut ilmu. Pada ruang kelas haruslah tercipta kenyamanan dalam belajar agar meningkatkan konsentrasi siswa, salah satunya adalah dengan kenyamanan termal. Dimana kenyamanan termal dipengaruhi oleh bentuk dan orientasi dari elemen bangunan terutama pada ventilasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi termal berdasarkan tata ventilasi yang terdapat di dalam ruang kelas sehingga didapatkan rekomendasi untuk meningkatkan sirkulasi udara yang cukup untuk kenyamanan termal. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif evaluatif dimana data yang didapat adalah melalui pengukuran data suhu, kelembaban, kecepatan angin yang ada di dalam ruang kelas terpilih dan didukung oleh hasil wawancara pada pengguna ruangan yang selanjutnya dievaluasi untuk memecahkan permasalahan yang ada. tersebut disimulasikan permdelannya menggunakan software Ecotect Analysis 2011 dan dilakukan validasi. Validasi yang dapat dikatakan berhasil adalah hasil dari perbandingan data eksisting dan simulasi adalah tidak lebih dari 10%. Hasil simulasi eksisting yang telah tervalidasi, maka dapat dilanjutkan mensimulasikan permodelan rekomendasi desain terhadap elemen bangunan berupa modifikasi ventilasi. Hasil output simulasi dari rekomendasi modifikasi adalah suhu, yang kemudian dibandingkan dengan kelembaban eksisting untuk mendapatkan besaran kecepatan angin yang dibutuhkan dengan menggunakan diagram psikometri (Nugroho, 2007). Rekomendasi pada penelitian berupa modifikasi rasio ventilasi yang ada dan menambahkan shading device, dari dua rekomendasi tersebut disimulasikan dan output hasil modifikasi ventilasi yang tiap kelasnya mencapai penurunan masing-masing 3,8%, 2,3%, 1% dan 2,6% kemudian dibandingkan dengan data kelembaban eksisting menggunakan diagram psikometri untuk mendapatkan angka kebutuhan angin dalam ruangan. Untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dalam ruang langkah selanjutnya adalah merekomendasi penanaman vegetasi pelindung di lingkungan sekolah berupa pohon yang berfungsi sebagai pemecah angin dan peneduh serta vegetasi yang mampu menyerap polusi udara, penggantian jenis ventilasi yang kurang optimal dalam pengaliran udara seperti jendela berjenis hopper menjadi awning, dan menambahkan alat bantu sirkulasi udara berupa exhaust fan.

English Abstract

Santa Maria 1 Malang Catholic Elementary School is one of primary education institution. One of the ways to increase student’s concentration is ti increase the comfortness of the classroom through thermal comfort, which is influenced by the shape and and orientation of building elements, especially the ventilation. This study aims to evaluate the thermal.conditions based on the ventilation system of the classroom. The recommendation of the study can be used to improve sufficiency of the air circulation to increase thermal comfort. This study use quantitative evaluative which is the data obtained is through measurement of temperature, humidity, wind speed in selected classrooms and supported bye the interview with room users who are tehn evaluated to solve existingmproblems. The simulation model using Ecotect Analysis 2011 software and validation was carried out. The validation that can be said to be successful is the result of comparison of existing data and is no more than 10%. Existing simulation results can be simulation by recommendations for building elements in the form of ventilation. The result simulation from modification is temperature, which is then compared with the existing humidity to obtain the required wind speed magnitude using a psychometric diagram (Nugroho, 2007). Recommendations in the research is modification from ventilation rasio and adding shading devices, two recommendation results after being simulated is temperature decrease of 3.8%, 2.3%, 1% and 2.6%. and then compared to the existing humidity data by psychometric diagrams to get the numbers of indoor wind requirements. To optimize air circulation the next step is planting recommend vegetation in the school environment for protecting from wind (as wind breaker), air pollution, substitute less optimal types of ventilation in air jets such as hopper type windows into awnings, and add air circulation aid in the form of an exhaust fan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/171/051904651
Uncontrolled Keywords: kenyamanan ventilasi, kenyamanan termal, ruang kelas, bukaan jendela ventilasi-ventilation comfort, thermal comfort, classrooms, ventilation windows openings
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 644 Household utilities > 644.5 Ventilation and air conditioning
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Jul 2020 07:27
Last Modified: 21 Jul 2020 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171146
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item