Perencanaan ulang Struktur Atas Jembatan Gantung tipe Side Span Suspended (Studi Kasus : Jembatan Bumiayu Kota Malang)

Faradi, Dodi (2019) Perencanaan ulang Struktur Atas Jembatan Gantung tipe Side Span Suspended (Studi Kasus : Jembatan Bumiayu Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jembatan adalah struktur yang menghubungkan dua titik daerah terpisah melalui suatu hambatan seperti sungai, lembah, jurang, dan laut. Dengan adanya jembatan dapat memudahkan aktifitas manusia, dan melancarkan arus pengiriman barang. Salah satu tipe jembatan yang digunakan untuk bentang panjang adalah jembatan gantung karena dapat menjangkau bentang yang panjang tanpa pilar ditengahnya. Penelitian ini membahas tentang perencanaan ulang jembatan gantung Bumiayu yang semula menggunakan pelat bordes, diubah menjadi pelat lantai beton bertulang. Jembatan direncanakan dengan tipe side span suspended. Bentang total jembatan 56 m dengan bentang tepi 14 m dan bentang utama 28 m. Lebar dek 4,5 m dengan lantai kendaraan 4 m. Jembatan diklasifikasian sebagai kelas jalan I dengan muatan sumbu terberat 500 kg/m. Dek jembatan tersusun atas pelat lantai beton bertulang, gelagar memanjang, gelagar melintang, ikatan angin, kabel penggantung, dan kabel utama. Hasil perancangan diperoleh pelat beton setebal 20 cm dengan tulangan utama D13 – 200 mm dan untuk tulangan bagi ∅10-200 mm. Gelagar memanjang menggunakan profil WF 150 x 75 x 5 x 7. Gelagar melintang menggunakan profil tipe C 300 x 90 x 10 x 15,5. Rangka ikatan angin menggunakan profil suku 90 x 90 x 10. Kabel utama menggunakan kabel ϕ25 dengan kuat putus 37000 kg. Kabel penggantung menggunakan P.22 dengan diameter 22 mm dan berat nominal 2,98 kg/m. Untuk menara menggunakan Baja dengan mutu BJ 37, dimensi menara dengan baja WF 200 x 100 x 6 x 9 dengan tinggi 4 meter.

English Abstract

The bridge is the structure that connects the two points separate areas through an obstacle such as rivers, valleys, ravines, and sea. With the bridge can facilitate human activity, and ease the flow of goods delivery. One type of bridge that is used for long-span suspension bridge because it is able to reach a long spans without pillars in the middle. This study discusses the redesign the Bumiayu Suspension Bridge which was originally used bordes floor plate, is converted into a reinforced concrete floor slabs. The bridge was planned with the type of side span free. The number of spans of 42 m spans the edge of the bridge 14 m and 28 m the main span. Deck width of 4.5 m with the vehicle floor 4 m. Bridges are classified as class I roads with the heaviest axle loads of 500 kg / m.. Bridge deck consists of a reinforced concrete floor slabs, longitudinal girder, cross girder, the wind ties, cable hanger, and the main cable. The results obtained by the design of the concrete slab 20 cm thick with the main reinforcement D13 - 200 mm and for reinforcement for ∅10-200 mm. Longitudinal girder using WF profile 150 x 75 x 5 x 7. The transverse beam profile using a profile type C 300 x 90 x 10 x 15.5. Wind bond order use rate profile 90 x 90 x 10. Main cable using a cable φ25 with strong breaking 37000 kg. Cable hanger using P.22 with a diameter of 22 mm and a nominal weight of 2.98 kg / m. For pylon using quality steel with BJ 37, the dimensions of the tower with steelWF 200 x 100 x 6 x 9 with a height of 3 meters.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/289/051904748
Uncontrolled Keywords: Jembatan gantung, side span suspended, kabel-Suspension bridge, side span suspended, cable.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.18 Materials > 624.183 Masonry, cermic, allied materials > 624.183 4 Concrete
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:48
Last Modified: 24 Aug 2020 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171118
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item