Hambatan Dalam Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Sebagai Badan Hukum (Studi di Badan Usaha Milik Desa di Kec. Dau, Kab. Malang

-, Hermawan (2017) Hambatan Dalam Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Sebagai Badan Hukum (Studi di Badan Usaha Milik Desa di Kec. Dau, Kab. Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasal 7 avat (1) Permen Desa, PDT & Trans: BUMDesa dapat terdiri dari unit-unit usaha yang berbadan hukum. Pada kenyataanya dilapangan hampir seluruh BUMDesa di Key. Dau Kab. Malang belum berbadan hukum. Apa faktor- faktor dominan yang mempengaruhi BUMDesa belum berbadan hukum? Apa akibat hukum bagi Pihak-3? Apa hambatan dan upayanya Pemerintah Desa, Badan Pennusyawaran Desa dan Pengurus BUMDesa? Metode penelitian yang ditzunakan adalah Yuridis Empiris yang menganalisis dan mengkaji bekerjanya hukum didalam masyarakat dengan menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa faktor dominannya antara lain: I). Undang, tidak BUMDesa hams berbentuk badan hukum. 2). peng,urus BUMDesa tidak paham bahwa BUMDesa dapat berbentuk badan hukum. 3). BUMDesa tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Akibat hukumnya yakni Pihak Ke- 3 (tiga) tidak dapat melakukan perjanjian kerjasama dengan Pihak BUMDesa yang belum berbentuk badan hukum, sebab pertanggundawaban BUMDesa yang belum berbentuk badan hukum tidak jelas. Hambatan Pemerintah Desa yakni unit usaha yang dimiliki BUMDesa masih dalam skala kecil ditingkat desa, sehingga belum pantas untuk dibentuk sebagai badan hukum. Badan Permusyawaratan Desa tidak menemui hambatan apapun, hanya berfungsi sebagai legislasi. Hambatan Pengurus BUMDesa yakni BUMDesa belum memiliki sarana dan prasarana serta fasilitas yang memadai. Dan sampai saat ini belum ada upaya apapun yang dilakukan oleh Pemerantah Desa, Badan Permusyawartan Desa, dan Pengurus BUMDesa dalam pembentukan BUMDesa sebagai badan hukum.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/346.065/HER/h/2017/041711660
Uncontrolled Keywords: BUSINESS ENTERPRISES--LAW AND LEGISLATION, VILLAGES--ECONOMIC CONDITIONS
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.065 Business enterprises
Divisions: S2/S3 > Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:27
Last Modified: 08 Aug 2019 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171094
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item