Partisipasi Warga Dalam Pengelolaan Kawasan Ekowisata (Studi Di Kawasan Ekowisata Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali)

Landra, Nengah (2015) Partisipasi Warga Dalam Pengelolaan Kawasan Ekowisata (Studi Di Kawasan Ekowisata Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep pen emban an pariwisata Derbasis ekowisata ciyakini memiliki kemampuan untuk membangun kawasan lebih e rwa wa s a n lingkungan. Ekowisata dapat mendukung pelestarian lingkungan dan meningkatkan peluang ekonomi. Keterlibatan masyarakat dalam ekowisata sangat penting dalam pelaksanaan manajemen yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran sikap warga lokal dalam memediasi pengaruh pengetahuan lingkungan, manfaat ekonomi, dan manfaat sosial budaya terhadap niat partisipasi warga lokal. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif, dengan rancangan riset deskriptif dan kausalitas antar variabel, dan metode survei. Populasi penelitian adalah warga lokal di 15 desa yang termasuk wilayah Wingkang Ranu. Sampel sebesar 150 orang dipilih dengan metode purposive sampling, yaitu anggata populasi yang mengetahui betul tentang kondisi dan perkembangan Kawasan✓ Ekowisata Kintamani. Data dianalisis dengan PLS (Radial Least Square). Hash' penelitian menunjukkan sikap warga lokal berpengaruh positif dan signifikan terhadap fiat partisipasi warga. Sikap warga lokal menjadi mediasi parsial (partial mediation) dalam hubungan antara pengetahuan lingkungan dan manfaat ekonomi terhadap niat partisipasi warga lokal, dan menjadi mediasi sempurna (complete mediation) dalam hubungan antara manfaat sosial budaya terhadap niat partisipasi warga lokal. Secara teoritis hash, penelitian ini dapat memperkaya dan melengkapi khasanah ilmu pengetahuan di bidang manajemen pariwisata. Keywords : Pengetahuan Lingkungan, Manfaat Ekonomi, Manfaat Sosial Budaya, Sikap Warga lokal, Niat Partisipasi Warga lokal.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/338.479 1/LAN/p/2015/061711644
Uncontrolled Keywords: ECOTOURISM, ENVIRONMENTAL PROTECTION--CITIZEN PARTICIPATION
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:14
Last Modified: 08 Aug 2019 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171046
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item