Pengaruh Perbedaan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan Pada Alat Tangkap Bubu Lipat di Pangkah Wetan

Khasanah, Uswatun (2019) Pengaruh Perbedaan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Rajungan Pada Alat Tangkap Bubu Lipat di Pangkah Wetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rajungan di Indonesia merupakan komoditas yang memilliki nilai ekonomis tinggi yang diekspor terutama ke negara Amerika. Salah satu daerah penghasil Rajungan di Jawa Timur ialah di daerah Pangkah Wetan. Alat tangkap yang terdapat di Kecamatan Ujung Pangkah diantaranya yaitu gill net, trammel net, mini purse seine, jaring cumi, payang dan bubu lipat. Sebagian besar nelayan setempat menggunakan alat tangkap bubu lipat. Alat tangkap bubu sifatnya pasif sehingga dibutuhkan pemikat atau umpan agar ikan yang akan dijadikan target tangkapan sehingga memasuki bubu. Penggunaan umpan pada alat tangkap bubu lipat akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengoperasian alat tangkap. Pemilihan umpan umumnya mendasarkan pada harga yang murah, melimpah dan mudah untuk didapatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui komposisi hasil tangkapan dengan menggunakan alat tangkap bubu lipat pada masing-masing umpan, untuk mengetahui perbedaan hasil tangkapan pada alat tangkap bubu lipat, dan mengetahui perlakuan umpan yang terbaik pada alat tangkap bubu lipat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 Di Pangkah Wetan kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan yaitu percobaan penangkapan (experiment fishing) dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 kali pengulangan. Analisis data diolah menggunakan SPSS 16 dengan Uji Homogenitas, Uji Normalitas, dan Uji sidik Ragam (ANOVA). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil tangkapan 30 bubu lipat di pangkah wetan dengan menggunakan 3 umpan yang berbeda yaitu darah ayam, ikan keting, dan ikan belo terdapat 2 jenis rajungan yang mendominasi yaitu Portunus pelagicus dan Charybdis feriatus. Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA pada hasil tangkapan dengan 3 umpan yang berbeda menunjukan hasil bahwa umpan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah hasil tangkapan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/689/051904420
Uncontrolled Keywords: Alat Tangkap Bubu Lipat, Umpan, Rajungan, Hasil Tangkapan Pada
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.22 Fishing in salt waters
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2019 06:59
Last Modified: 24 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171033
[thumbnail of Uswatun Khasanah.pdf]
Preview
Text
Uswatun Khasanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item