Noorfizir, Hafash Taushy (2019) Analisis Pola Deformasi dan Penyerapan Energi Pada Crash Box dengan Honeycomb Filler dengan Variasi Bentuk Penampang Menggunakan Metode Frontal Crash Test. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menigkatnya jumlah kecelakaan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir menuntut kendaraan memiliki sistem keamanan pasif pada kendaraan khususnya mobil berpenumpang. Crash box merupakan sistem keamanan pasif pada kendaraan (passive safety system) berupa struktur berdinding tipis yang berfungsi meminimalisir tingkat keparahan pada rangka utama saat terjadinya tabrakan. Penelitian mengenai crash box terus dikembangkan untuk mendapatkan desain yang optimum dalam kemampuan penyerapan energi. Penambahan struktur filler pada crash box dapat menigkatkan penyerapan energi secara signifikan. Pada penelitian ini, crash box dimodelkan dengan menambahkan material pengisi berupa struktur aluminium honeycomb didalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi komputer berbasis software elemen hingga. Variabel bebas dari penelitian ini adalah bentuk penampang circular, square dan hexagonal dengan luas penampang 2045 mm2. Material yang digunakan adalah AA6063-T6 untuk crash box dan AA3003 untuk honeycomb filler. simulasi dilakukan berdasarkan pengujian instrumented drop mass setup dengan kecepatan tumbukan sebesar 15 m/s dengan massa impactor sebesar 600 kg. Dari hasil penelitian diperoleh pola deformasi concertina pada square dan hexagonal crash box ditandai dengan pola simetris antara sisi kiri dan sisi kanan pola deformasi tampak depan dan pola deformasi mixed mode pada circular crash box ditandai dengan pola gabungan simetris dan tidak simetris. Hexagonal crash box memiliki kondisi terbaik dengan pola deformasi concertina dan penyerapan energi spesifik sebesar 24.625 kJ/kg dibandingkan dengan crash box lainnya.
English Abstract
The increasing number of accidents that happened in recent years requires vehicles especially passenger cars to have a passive security system. Crash box is one of passive safety systems in the form of a thin walled structure which functions to minimize the severity of the main frame during collision. Research on the crash box continuously developed to get the optimum design in energy absorption. Addition of filled structure to the crash box significantly increase the energy absorption. In this study, the crash box is modeled by adding a filler material in the form of an aluminum honeycomb structure. This study uses simulation method with FEM based software. The independent variables of this study are circular, square and hexagonal cross sections with 2045 mm2 cross-sectional area. Material properties of this research based on AA6063-T6 for crash box and AA3003 for honeycomb filler. Simulations were carried out based on instrumented drop mass setup standard with the velocity of impactor is 15 m/s with impact mass of 600 kg. From the results of the study obtained the concertina deformation pattern in the square and hexagonal crash box marked by a symmetrical pattern between the left and right sides of the front view and the mixed mode deformation pattern in the circular crash box marked by a symmetrical and asymmetrical combined pattern. Hexagonal crash boxes have the best conditions with concertina deformation patterns and specific energy absorption of 24,625 kJ / kg compared to other crash boxes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/148/051904628 |
Uncontrolled Keywords: | Pola Deformasi, Energi Penyerapan, Filled Crash box, Honeycomb filler, Frontal crash test-Deformation pattern, Energy absorption, Filled Crash box, Honeycomb filler, Frontal crash test. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.8 Human factors and safety engineering > 620.86 Safety engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 17:45 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 17:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171032 |
Actions (login required)
View Item |