Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Penyakit Kronis Sebelum Dan Sesudah Pemberlakuan Bpjs Di Pelayanan Rawat Jalan Rs Syuhada’ Haji Blitar

Nursanti, Fajar Juli (2018) Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pasien Penyakit Kronis Sebelum Dan Sesudah Pemberlakuan Bpjs Di Pelayanan Rawat Jalan Rs Syuhada’ Haji Blitar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah menargetkan “Universal Coverage” pada tahun 2019 untuk kepesertaan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan. Seluruh penduduk di Indonesia harus memiliki Jaminan Pemeliharaan Kesehatan pada tahun 2019. Keadaan tersebut menjadi tantangan dan peluang bagi rumah sakit untuk mengambil bagian dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam kondisi persaingan yang demikian, pelayanan akan sangat mempengaruhi loyalitas pasien karena pasien leluasa memilih tempat pelayanannya. Persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan rumah sakit di masa sesudah penerapan BPJS dinilai oleh banyak pengamat masih belum memberikan tingkat kepuasan yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis sebelum dan sesudah pemberlakuan BPJS di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan di Poli Rawat Jalan RS Syuhada’ Haji Kota Blitar Provinsi Jawa Timur dengan menyebar kuesioner, dilakukan pada April – Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan BPJS dengan penyakit kronis. Sampel yang digunakan adalah pasien yang datang ke unit rawat jalan sejumlah 66 pasien dengan kriteria inklusi adalah pasien rawat jalan dengan penyakit kronis, pernah periksa minimal 2 kali sebelum dan sesudah pemberlakuan BPJS. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan secara bermakna persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis sesudah pemberlakuan BPJS di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar. Dapat disimpulkan bahwa pemberlakuan BPJS dapat meningkatkan persepsi terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien penyakit kronis di pelayanan rawat jalan RS Syuhada’ Haji Blitar.

English Abstract

In 2019, the Indonesian government is targeting that all of Indonesian citizen must own the social care assurance (Universal Coverage). The condition becomes either a challenge or an opportunity for the hospital to take part in BPJS. In that competitive condition, the service will greatly affect the patients’ loyalty since they are free to choose the place of service. Patients’ perception towards the service quality of hospital after the enactment of BPJS assessed by observers as given satisfaction level which has been set yet. The aims of this study is to find out the distinction between perceptions of service quality and the satisfaction of chronicle diseases medical patients before and after the enactment of BPJS in non-hospitalized polyclinic of Syuhada Haji Hospital Blitar. The research design used was analytic observational with cross sectional approach. The questioner data collection has been done in non-hospitalized polyclinic of Syuhada Haji Hospital Blitar, East Java in April – June 2018. The population for this research are non-hospitalized BPJS medical patients with chronicle diseases. The sample that has been used was 66 medical patients with inclusion which means they have chronic diseases who came to the non-hospitalized polyclinic, had been examined by doctor minimum twice before and after the BPJS enactment. The result of this study shows that perception of service quality and chronicle diseases patients’ satisfaction increased significantly after the enactment of PBJS in non-hospitalized polyclinic of Syuhada Haji Hospital Blitar. It can be concluded that the enactment of BPJS increases the perception towards either service quality or chronicle medical patients’ satisfaction in non-hospitalized medical patients’ of Syuhada Haji Blitar

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.1/NUR/p/041810555
Uncontrolled Keywords: MEDICAL CARE
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:43
Last Modified: 06 Aug 2019 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item