Azzam, Abdulloh and Pratikto, Aditya N (2019) Kajian Evaluasi Layanan Shuttle Bus di Kawasan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Universitas Brawijaya merupakan salah satu perguruan tinggi dengan penerimaan mahasiswa terbanyak se-Indonesia. Banyaknya civitas akademika yang ada di Universitas Brawijaya tentunya berdampak terhadap mobilisasi di dalam kawasan kampus. Salah satu yang dapat terlihat adalah peningkatan volume lalu lintas yang ada juga berdampak tingginya kebutuhan parkir. Selain itu juga, banyak angkutan online yang lalu-lalang di dalam lingkungan kampus. Untuk mengatasi berbagai masalah ini Universitas Brawijaya menyediakan layanan shuttle bus yang beroperasi di dalam lingkungan kampus dengan tujuan untuk meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi di dalam kampus dan juga meminimalisir kendaraan yang tidak berkepentingan masuk dan memarkirkan kendaraannya di dalam kampus. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji karakteristik pengguna, persepsi pengguna layanan/penumpang terhadap kinerja dan kepentingan pelayanan shuttle bus, dan menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja shuttle bus. Studi dilakukan dengan cara membagikan kuesioner yang berisi pertanyaan kepada penumpang shuttle bus (civitas akademika Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan shuttle bus). Survey ini dilakukan di beberapa lokasi pemberhentian bus dan di dalam angkutan bus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis IPA (Importance Performance Analysis). Untuk menggambarkan nilai kinerja dan kepentingan masing-masing atribut pelayanan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2013 dan PM 29 Tahun 2015. Hasil grafik IPA kemudian digunakan untuk menyusun dan menentukan strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan pelayanan shuttle bus di Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan diantaranya dari jumlah responden sebanyak 307 dengan responden yang didominasi : jenis kelamin perempuan sebanyak 60%, usia 18-25 sebanyak 96%, jenis pekerjaan mahasiswa sebanyak 98%, dan jumlah rata-rata pendapatan/uang saku sebulan Rp.1.000.001,00-Rp.3.000.000,00 sebanyak 49%. Karakteristik perjalanan responden yang didominasi : asal masuk ke wilayah kampus (paling sering) dari Gerbang Veteran sebanyak 42%, tujuan ke wilayah kampus (paling sering) ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 11%, frekuensi ke kampus dalam 1 (satu) hari sebanyak 2 kali dengan 41%, moda transportasi menggunakan sepeda motor pribadi sebanyak 57%, dan biaya perjalanan dalam 1 (satu) hari sebesar ≤Rp.5.000,00 sebanyak 50%. Dari hasil analisis MAT (Matriks Asal Tujuan) rute layanan shuttle bus yang diinginkan oleh responden dengan pola berawal dari Gerbang Veteran melewati Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Gerbang KPRI, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi dan kembali lagi ke titik awal Gerbang Veteran. Dari hasil analisis IPA didapatkan tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan sebesar 76% yang artinya tingkat kepuasan pengguna layanan shuttle bus terhadap kinerja pelayanan sudah memuaskan. Dari 32 atribut pertanyaan yang ada terdapat 6 atribut yang masuk dalam kuadran I, dimana atribut tersebut memiliki tingkat kepentingan yang tinggi namun kinerjanya belum memuaskan. Atribut yang masuk dalam Kuadran I yaitu kemudahan akses untuk penyandang disabilitas, sinyal penanda kedatangan bus, ketersediaan kursi prioritas, larangan merokok di dalam bus, waktu tunggu keberangkatan bus, dan lampu isyarat dalam keadaan darurat. Untuk analisis SWOT (Strenght-Weakness-Opportunities and Threats) strategi peningkatan yang dapat digunakan untuk layanan shuttle bus antara lain menyediakan tempat parkir terpusat, perbaikan/penyediaan prasarana penunjang, membuat peraturan yang lebih memperhatikan kesetaraan penumpang, melengkapi fasilitas keselamatan yang ada di dalam bus, menyediakan zona penjemputan dan menurunkan penumpang di luar gerbang masuk kampus bagi pengguna angkutan transportasi online, dibuat peraturan untuk meminimalisir pergerakan kendaraan pribadi di dalam kampus, menambah rute layanan, dan peningkatan kualitas layanan.
English Abstract
Universitas Brawijaya is one of the universities with the most student admissions in Indonesia. The large number of academics in Universitas Brawijaya certainly has an impact on mobilization within the campus area, such as a high demand of parking due to increasing traffic volume. In addition, many online shuttles are passing through the campus areas. To overcome these various problems Universitas Brawijaya provides shuttle bus services that operate within the campus area in order to minimize the use of private vehicles in campus and to reduce unauthorized vehicles entering and parking their vehicles in campus areas. This research was conducted to examine the characteristics of users, to assess users perceptions of the performance and importance of shuttle bus services, and develop strategies in order to improve the shuttle bus performance. The study was conducted by distributing questionnaires containing questions to shuttle bus passengers (academic community of Universitas Brawijaya who had used the shuttle bus service). This survey was conducted at several bus stop locations and in the bus shuttle. The data obtained were analyzed by applying IPA analysis (Importance Performance Analysis). The attributes for IPA analysis are determined based on Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 98 2013 and No. PM 29 2015. The results from IPA analysis are then plotted into SWOT matrix in order to determine the appropriate strategy to improve shuttle bus services in Universitas Brawijaya. The conclusions from the analysis based on 307 respondents are classified into social-economic characteristics and travel characteristics. The social-economic characteristics of respondents are dominated by female 60%, age 18-25 years old 96%, Students 98%, and average income from Rp.1,000,001.00-Rp.3,000,000.00 as much as 49%. For travel characteristic of respondents were dominated by 42 % respondents who are coming from the Veteran entrance, 11% respondents who are going to Faculty of Economics and Business, and the frequency of respondents who are going to campus twice in one day is approximately 41%. Motorcycles are the most vehicle used by respondents with 57% and the average travel costs of respondents in one day less than Rp.5,000.00 is 50%. From the analysis of origin-destination matrix the potential route for shuttle bus service are starting from the Veterans Gate passes through the Faculty of Medicine, Faculty of Agriculture, Faculty of Law, Faculty of Social and Political Sciences, KPRI Gate, Faculty of Engineering, Faculty of Economics and Business, The Faculty of Communication and back to the starting point at the Veterans Gate. From the results of the IPA analysis, the level of suitability between the level of performance and importance is 76% which means the users are satisfied with the services. Out of the 32 attributes from IPA analysis, there are 6 attributes that are included in first quadrant. It means the attribute has a high level of importance but on the other hand the performance is unsatisfying. These attributes are easy access for persons with disabilities, signal markers for bus arrivals, availability of priority seats, smoking bans on buses, waiting times for bus departures, and signal lights in an emergency. For the SWOT analysis (Strength-Weakness-Opportunities and Threats) the strategies to improve the shuttle bus services are to provide a centralized parking lot, to provide supporting infrastructure, complementing safety facilities on the bus, providing pick-up zones and dropping passengers outside the campus entrance for users of online transportation, to increase service routes, and to improve service quality.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/184/051904664 |
Uncontrolled Keywords: | shuttle bus kampus, evaluasi kinerja, karakteristik pengguna, analisis MAT, analisis IPA, analisis SWOT-campus shuttle bus, performance evaluation, user characteristics, Origin-Destination, IPA analysis, SWOT analysis. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.04 Transportation engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:47 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170960 |
Actions (login required)
View Item |