Pengaruh Penambahan Konsentrasi Hcl Yang Berbeda Terhadap Sifat Fisiko Kimia Gelatin Kulit Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus)

Jeffriansah, Dhany (2019) Pengaruh Penambahan Konsentrasi Hcl Yang Berbeda Terhadap Sifat Fisiko Kimia Gelatin Kulit Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gelatin merupakan senyawa turunan kolagen yang terdapat pada kulit, tulang dan jaringan ikat hewan yang dihidrolisis menggunakan larutan asam atau basa. Industri yang paling banyak memanfaatkan gelatin adalah industri pangan. Dalam ajaran agama islam setiap muslim diharuskan untuk mengkonsumsi sesuatu yang jelas kehalalannya, maka ditelitilah gelatin yang diekstrak dari kulit ikan sebagai salah satu bahan aditif alternatif yang dapat di jamin kehalalannya dan diterima seluruh masyarakat. Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan buas yang hidup di air tawar maupun air payau. Merupakan ikan pancingan yang banyak ditemui di sungai, rawa, danau dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan gabus biasa dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat karena memiliki protein yang sangat tinggi dan kaya akan sumber albumin bagi penderita hipoalbumin (rendah albumin) dan luka. Kulit ikan gabus juga memiliki kandungan protein dan albumin. Didalam kulit ikan gabus terdapat struktur kolagen, apabila dipanaskan struktur kolagen akan berubah membentuk peptida dengan berat molekul rendah yang disebut dengan gelatin. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap penelitian yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama, penelitian pendahuluan digunakan untuk menentukan konsentrasi HCl yang terbaik. Penelitian utama untuk mengetahui pengaruh pemberian konsentrasi HCl yang berbeda pada proses pembuatan gelatin kulit ikan gabus secara fisika dan kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 kali ulangan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah konsentrasi HCl 0,03 mol; 0,04 mol; 0,05 mol; 0,06 mol dan 0,07 mol. Sedangkan variable terikat pada penelitian ini yaitu analisa fisika (uji viskositas dan kekuatan gel), analisa kimia (kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air, rendemen dan pH) dan penerimaan keseluruhan berdasarkan metode De Garmo. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap respon parameter yang dilakukan, dengan uji F pada taraf 5% dan jika didapatkan hasil yang berbeda nyata maka dilakukan uji Tukey pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan perlakuan pemberian konsentrasi HCl yang berbeda pada proses pembuatan gelatin kulit ikan gabus berpengaruh nyata terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar abu, kadar air, rendemen dan pH pada uji kimia (proksimat), pada uji fisika berupa viskositas dan kekuatan gel. Pemberian konsentrasi HCl yang terbaik pada pembuatan gelatin kulit ikan gabus yaitu pada konsentrasi 0,07 mol dengan nilai proksimat berupa rendemen 20,63%; kadar air 10,49%; kadar abu 3,26%; kadar protein 82,01%; kadar lemak 0,57%; kekuatan gel 70,95 gr/bloom; viskositas 15,83 cP dan pH 3,32

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/665/051904396
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 543 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jul 2020 03:31
Last Modified: 28 Mar 2022 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170921
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 170921-I FULL DHANY JEFFRIANSAH.pdf]
Preview
Text
170921-I FULL DHANY JEFFRIANSAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item